Pariwisata PDF Cetak Email
Indramayu - Potensi

Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang cukup potensial karena kekayaan alam, tradisi, seni dan budaya serta sejarah.Letak Indramayu yang berada di pesisir pantai memiliki daya tarik tersendiri sebagai daerah wisata. Beberapa potensi pariwisata telah dikembangkan namun masih banyak yang belum tergarap secara maksimal padahal potensi-potensi tersebut merupakan asset daerah sebagai daya tarik investasi di bidang pariwisata. Obyek Wisata di Kabupaten Indramayu terdiri dari wisata alam, wisata agro, wisata ziarah, wisata rohani dan wisata kuliner.

1. WISATA ALAM

a. Pulau Biawak

Pulau ini sebagai objek wisata bahari dengan taman laut dan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. Pasir putih tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya, koloni biawak dan menara mercusuar yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872 mempunyai daya tarik hyistoris terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan bangunan - bangunan kuno. Aktivitas rekreasi yang dapat di lakukan di Pulau Biawak ini adalah selam, mancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.

 

b.. Pantai

Di Indramayu ada beberapa pantai yang dapat di jadikan tempat rekreasi antara lain Pantai Tirtamaya, Pantai Glayem di Kecamatan Junti nyuat: Pantai Balongan Indah di Kecamatan Balongan: dan Pantai Eretan di Kecamatan Kandanghaur . Pantai - pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri selain sebagai wisata bahari, pantainya yang indah juga tempat merapatnya prahu-prahu nelayan.

Pantai Eretan, mempunyai sejarah tersendiri karena Pantai ini pada tahun 1942 merupakan tempat mendaratnya tentara jepang.

. Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat yang banyak di kunjungi oleh para wisata, selain sebagian pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari pantai ini terletak di Juntinyuat.

 

c . Situ

>. Situ Bojong Sari

Merupakan lokasi wisata yang ada di pusat kota Indramayu yang mempunyai luas 6,5 ha.  Situ ini memiliki luas permukaan air ± 6ha yang di lengkapi dengan sarana wisata air seperti water boom, sepeda air, perahu wisata dan olah raga dayung. situ bojong sari ini juga cocok untuk aktivitas mancing dan berkemah.

 

> . Situ Bolang

Terletak di desa Jatisura Kecamatan cikedung ± 20 km dari kota Indramayu dan Situ bolang ini merupakan salah satu wisata alternatif dengan suasana nyaman dan tenang yang di dukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan, memiliki luas 74 ha

> . Situ Brahim

Situ ini terletak di desa babadan Kecamatan sindang.

 

>. Waduk Cipancuh

Waduk yang terletak di cipancuh Kecamatan haurgelis.

d.. Koloni Kera Banjar

Objek wisata ini terletak di desa bulak Kecamatan jatibarang sekitar 17 km dari kota Indramayu dan objek ini banyak di kunjungi wisatawan karena keunikannya yaitu terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu sampai sekarang berjumlah 41 ekor.

 

2. Wisata Agro

Sebagai daerah yang banyak hutan kayu putih Kabupaten Indramayu memiliki obyek Wisata Agro yang menarik yang terletak di Kecamatan Cikedung, di mana dapat di lihat mulai dari proses penanaman, pemeliharahaan sampai produksi kayu putih berupa minyak kayu putih. Wisata agro lainnya di Desa Cemara Kecamatan Losarang dan Desa Cangkring.

 

3. Wisata Ziarah

a.. Situs Makam Raden Arya Wiralodra

Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota Indramayu. Makam wiralodra ini terletak di Desa Sindang (lapangan krapyak) Kecamatan sindang sekitar 500 m sebelah barat Pendopo Kabupaten Indramayu.

 

b. Situs Makam Selawe

Situs ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota Indramayu. Di makam selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah seorang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya.

 

c.. Situs Makam Buyut Tambi

Situs makam ini berada di DesaTambi Kecamatan Sliyeg. sekitar 20 km dari kota Indramayu .

4. Wisata Rohani

  • Wisata Rohani Ma’had Al Zaetun

Adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indrarmayu, Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan.

  1. WISATA KOTA

a.Alun-alun

Merupakan Pusat Kota atau biasa disebut Alun-alun, sekaligus sebagai pusat penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan pada sore hari kawasan ini menjadi ramai..

 

2.Tugu Kijang atau Bunderan Kijang

Berdiri tegak di persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon, merupakan gambaran sejarah dari Kijang emas yang menuntun Raden Aria Wiralodra dan menunjukkan arah letak lembah Cimanuk yang menjadi cikal bakal Kabupaten Indramayu.

 

3.Tugu Mangga

Terletak dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta. Tugu ini menggambarkan bahwa Kota Indramayu sebagai penghasil mangga yang menjadi trade mark Kabupaten Indramayu.

 

4.Masjid Agung

Merupakan karya arsitek beretnis China dimana Masjid Agung ini terletak di pusat Kota berdampingan dengan Pusat Pemerintahan/ Pendopo Indramayu.

 

5.Kilang Minyak Balongan

Merupakan sumber minyak dan gas yang terletak + 6 KM dari pusat kota Indramayu, yang dikelola oleh Pertamina UP VI. Sebagai tempat proses pengolahan minyak mentah menjadi bensin, solar, minyak tanah dan lainnya adalah merupakan daya tarik untuk melakukan wisata Iptek (Ilmu Pengetahuan & Teknologi) ke Indramayu. Keberadaan potensi minyak dan gas di Indramayu telah diprediksi oleh Raden Aria Wiralodra yang ditulis dalam Bahasa Sangsekerta dan kini tertuang dalam Prasasti Aria Wiralodra.

 

Sarana lain yang turut menunjang kepariwisataan adalah adanya hotel, dan jumlah hotel samapai ahir tahun 2011 tercatat 25 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 465 kamar dengan jumlah tenaga kerja di bidang perhotelan tercatat 341 orang.

FASILITAS PENUNJANG KEPARIWISATAAN

Fasilitas penunjang kepariwisataan yang terdapat di Indramayu adalah Hotel/Penginapan:

1. Hotel New Trisula (Jl Panjaitan No 77 Indramayu)

2. Hotel Wiwi Perkasa !  (Jl Tridaya No 2 Indramayu)

3.Hotel Wiwi Perkasa 2 (Jl DI Panjaitan Indramayu)

4. Hotel Prima (Jl Panjaitan No 56 Indramayu)

5. Hotel Handayani (Jl Kembar – Bojongsari Indramayu)

6. Hotel Garuda 1 ( Bunderan Kijang Indramayu)

7.Hutel Garuda 2 (Jl Sudirman Indramayu)

8.Hotel Garuda 3 (Bunderan kijang Indramayu)

9. Wisma Rini (Jl. Sudirman Indramayu)

10. Penginapan Kopsuka (Jl MT Haryono Indramayu)

11. Hotel Banjarsari (Jl Banjar Jatibarang)

12.. Hotel Prambanan (Jl Siliwangi Jatibarang)

13.Hotel Aneka Baru (Jl Siliwangi Jatibarang)

14.Hotel Sejahtera Abadi (Jl Raya Bulak Jatibarang)

15.Hotel Sederhana Baru (Jl Tuparev Jatibarang)

16.Hotel Flamingo (Jl By Pass Losarang- Ds Santing – Kec gLosarang)

17.Hotel Bunga Indah (Jl By Pass Losarang)

18.Hotel Sariratu (Jl Raya Santing – Losarang)

19.Hotel Dharma Wisata (Jl Raya Patrol Kecamatan Sukra)

20.Hotel Tirtaloka (Jl Tirtaloka Haurgeulis)

21.Penginapan Purnama (Jl Jati – Haurgeulis)

22..Penginapan Sampurna (Jl Desa Sukajati- Haurgeulis).