1000 Orang Bersihkan Desa Eretan Wetan

Sebanyak 1000 orang yang berasal dari unsur masyarakat, TNI, Polri, PNS, dan pelaku usaha di wilayah Kabupaten Indramayu melakukan aksi bersih-bersih saluran dan permukiman di Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur yang selama ini langganan bencana banjir rob, Rabu (28/12/2016).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah yang juga dihadiri oleh Dandim 0616, Kapolres, serta unsur lainnya.

Kepala Harian BPBD Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana menjelaskan, kegiatan bersih-bersih saluran dan pemukiman tersebut karena selama ini Desa Eretan Wetan menjadi langganan banjir rob. Di tempat itu banyak saluran air yang tertutup rapat oleh sampah sehingga ketika rob datang air sangat lama surutnya karena terhalang oleh sampah.

Edi menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ibu dan juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana. Kegiatan bersih-bersih saluran dan pemukiman ini untuk menumbuhkan jiwa kegotong-royongan dan kepedulian semua pihak terhadap kebersihan lingkungan sebagai sumber kehidupan yang harus dijaga.

Sementara itu Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah, mengatakan, kegiatan kebersihan sualuran ini harus terus dilanjutkan dan bisa merubah budaya atau kebiasaan masyarakat setempat. Pasalnya sampai dengan saat ini masih banyak perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan dan mengabaikan kebersihan.

BACA  Mitigasi Bencana di Sabtu Ceria Bersama BPBD Indramayu

“Kita harus belajar dari pengalaman setiap kali bencana datang, rob yang datang ini ternyata sulit surut karena saluran banyak terhalang oleh sampah. Untuk itu dengan gerakan kebersihan ini harus bisa merubah perilaku masyarakat dan tidak mengulangi kebiasaan yang kurang baik,” tegas Anna.

Pada kesempatan itu, Bupati Indramayu bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melakukan pemasangan tempat sampah dan memonitor pelaksanaan kebersihan tersebut.  DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

         

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top