Anggota Pramuka Indramayu Dituntut Solid dan Menyukseskan Program Pemerintah Daerah

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar menegaskan, peran Pramuka di Kabupaten Indramayu amatlah penting dan strategis. Karena selain mencetak generasi yang cerdas dan mandiri bagi tunas-tunas bangsa juga tetap solid untuk menyukseskan program pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Nina Agustina yang juga adalah Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Indramayu ketika membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Indramayu masa bhakti Tahun 2022-2026 yang dilaksanakan di Auditorium SMAN 1 Sindang Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu, Sabtu (21/5/2022).

Dikatakan Bupati Indramayu, anggota Pramuka harus ikut andil demi terlaksananya program pemerintah baik itu pemerintah provinsi maupun kabupaten sebagaimana diatur dalam amanat undang-undang.

Dalam konteks ini, pramuka di Kabupaten Indramayu harus menyukseskan program unggulan Pemerintah Kabupaten Indramayu seperti penurunan stunting dan peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) bidang pendidikan.

“IPM kita berada di posisi 24 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sehingga dukung dan sosialiasikan program Kejar Pet (Ja-Ket) dari peran serta anggota Pramuka Kabupaten Indramayu,” katanya.

Dengan demikian sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan IPM bidang pendidikan tersebut akan berdampak pada kualitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indramayu sendiri dalam menghadapi adanya mega proyek di Kabupaten Indramayu.

“Persiapkan anak-anak kita sebagai pekerja dengan menyukseskan program Jaket supaya bisa memiliki jenjang pendidikan sebagai syarat bekerja. Karena terdapat mega proyek industri di Indramayu seperti di wilayah Kecamatan Sukra tepatnya di Desa Ujunggebang dampak adanya pelabuhan Patimban, kemudian Petrochemical di wilayah Balongan dan Juntinyuat dan terakhir adanya Segitiga Rebana,” tambahnya.

Dengan demikian, Gerakan Pramuka diharapkan menjadi garda terdepan untuk melekatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia khususnya di Indramayu dan mempunyai peran penting dalam mencetak generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

Untuk itu dengan Rakercab ini sudah selayaknya semua pihak dapat mendukung pelaksanaan program gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan.

“Pada hari ini kita melaksanakan rapat kerja cabang atau rakercab yang bertujuan menyiapkan gerak langkah dan pikiran, sehingga apa yang akan dilakukan selanjutnya dapat terencana dengan baik dan terlaksana dengan sukses,” tambahnya.

“Rakercab menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi pekerjaan sebelumnya, mempertahankan yang sudah bagus dan memperbaiki yang kurang maksimal, bahkan melahirkan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan organisasi serta perkuat kebersamaan diantara sesama pengurus dan anggota,” ujar Ka Mabicab Indramayu ini.

Bupati Nina Agustina tidak hentinya meminta Pramuka di Kabupaten Indramayu untuk selalu solid, jangan sampai ada perbedaan, jangan sampai ada jurang pemisah antara pramuka SD, MI, SMP, MTs, SMA atau SMK dan menjadi satu kesatuan Kwartir Cabang Indramayu.

Bupati Nina Agustina sejak lama sudah menyukai pramuka. Dengan pramuka karakter bangsa yang akan melekat sebagai pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab.

“Bagaimanapun saya dari dahulu sudah menyukai organisasi terutama Pramuka karena menyukai kemahnya. Tetapi bukan hanya itu ilmunya pun dapat yakni bertanggungjawab dan mandiri,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Bupati Nina juga mengapresasi peran pramuka di Kabupaten Indramayu yang ikut andil dan tidak kenal lelah dalam menyukseskan pengamanan dan kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2022. Hal ini menjadi upaya nyata dan sinergitas dari masing-masing pihak dalam mendukung program pemerintah daerah.

“Terimakasih untuk Kakak pramuka yang yang bergabung dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk menyukseskan pengamanan dan kelancaran arus mudik dan balik lebaran 2022. Luar biasa, seperti polisi yang juga jaga 24 jam. Mereka senang karena kita ikut turun langsung, kepala daerahnya demen keliling jadi ikutan keliling, karena dalam Pemerintahan Kabupaten Indramayu kita harus sinergi dan bersama-sama karena yang kerja bukan Bupati tetapi peran serta perangkat daerah dan semua pihak,” ujarnya. (Abi/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)