Baznas Gelontor Rp8,9 M Dana ZIS | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Selasa , 21 Agustus 2018

Baznas Gelontor Rp8,9 M Dana ZIS

Menjelang bulan suci Ramadan 1439 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu kembali menyalurkan dana Zakat, Infaq, Sodaqoh (ZIS) yang terkumpul sepanjang tahun 2017.

Besarannya mencapai Rp8,9 miliar atau naik sekitar 23,67 persen dari perolehan tahun 2016 yang sebesar Rp6,8 miliar.

Diwilayah eks Kawedanan Kandanghaur, Baznas menggelontorkan dana sebesar Rp204 juta rupiah bagi para muztahik yang tersebar di empat wilayah Kecamatan. Rinciannya Kecamatan Gabus Wetan sebesar Rp38,5 juta, Kandanghaur Rp43 juta, Bongas Rp60,5 juta dan Kecamatan Kroya sebesar Rp62 juta.

Penyaluran dana bantuan dari Baznas untuk rehab rumah gakin, modal usaha, pemberdayaan melalui majlis taklim dan pendirian koperasi, paket sembako, operasional madrasah, anak yatim, bantuan merbot masjid, imam masjid dan guru ngaji itu diserahkan oleh Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi bertempat di aula Kantor Desa Gabus Wetan, Kecamatan Gabus Wetan, Kamis (03/05/2018).

Ketua Baznas Kabupaten Indramayu, Moh Mudor memaparkan, perolehan ZIS sebesar Rp8,9 miliar berasal dari perolehan zakat profesi dan zakat mal sebesar Rp6,6 miliar. Kemudian dari infaq profesi dan infaq 2000 sebesar Rp2,2 miliar.

“Bertambah sekitar Rp2,1 miliar dari tahun lalu. Kenaikan perolehan ZIS ini berkat upaya dan peran serta semua pihak. Terutama motivasi, pembinaan dan bantuan dari Bupati serta Wakil Bupati Indramayu,” kata Moh Mudor.

Wakil Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan, perolehan dana ZIS bisa terus dioptimalkan melalui upaya-upaya sistematis dan selaras dengan regulasi yang telah diterbitkan. Seperti misalnya dengan menggali potensi zakat mal dan zakat pertanian.

Karena itu dia menggugah kesadaran orang-orang kaya di Indramayu untuk tidak berat hati menunaikan kewajiban berzakat demi membantu mempercepat pengentasan kemiskinan.

Sejalan dengan itu, perangkat Baznas ditingkat kecamatan dan desa harus lebih pro aktif mengajak orang–orang yang mampu untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

“Upaya yang dilakukan oleh Baznas ini sebagai salah satu cara mengatasi kemiskinan. Ini perlu dukungan terutama kepada orang-orang kaya dengan membantu saudaranya yang masih berada dibawah garis kemiskian. Yang masih membutuhkan bantuan,” terangnya.

Sementara itu Camat Gabus Wetan, H Moh Iskak Iskandar  mengaku berterima kasih atas bantuan dana ZIS dari Baznas yang dinilainya sangat membantu masyarakat.

Pihaknya bersyukur atas kunjungan Wakil Bupati Indramayu yang kehadirannya sangat memotivasi semua elemen masyarakat diwilayah eks Kawedanan Kandanghaur untuk terus mengoptimalkan perolehan ZIS. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)