Di Hari Ulang Tahunnya, Bupati Nina Agustina Resmikan Penangkaran Rusa

Dipublikasikan oleh RFM pada

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Presiden Direktur PT. Polytama Propindo Didik Susilo meresmikan Penangkaran Rusa Timorensis di Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) komplek Hutan Kayu Putih Indramayu, Selasa (17/8/21). Bupati Nina Agustina yang lahir tepat pada tanggal 17 Agustus, di hari ulang tahunnya ini melengkapi kegiatannya sebagai Bupati Indramayu dengan meresmikan penangkaran rusa Timorensis di Taman Kehati yang berada di jalan Pahlawan Indramayu.

Sebagaimana diketahui, Taman Kehati awalnya hanya merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun berkat program revitalisasi Hutan Kayu Putih seluas 4 hektar yang merupakan bentuk komitmen PT. Polytama Propindo sebagai perusahaan penghasil bijih plastik terbesar di Indonesia dalam menjaga kelestarian ekosistem lingkungan, Hutan Kayu Putih kini terlihat cantik.
Taman Kehati kini bukan hanya merupakan RTH, namun juga merupakan sarana rekreasi, edukasi, dan sarana pengembangan flora dan fauna.

Saat ini Taman Kehati telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti track untuk pejalan kaki sepanjang 610 meter, fasilitas tempat duduk untuk istirahat, serta berbagai sarana permainan anak. Selain itu, pengunjung Taman Kehati juga dapat berinteraksi dengan rusa yang ada di sana.

“Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) merupakan revitalisasi dari Hutan Kota Kayu Putih. Taman Kehati adalah hasil kerjasama antara PT. Polytama Propindo bersama dengan Pemkab Indramayu,” jelasnya.

Orang nomor satu itu berharap, Taman Kehati yang sekarang sudah memiliki 9 rusa itu akan segera ditambah hewan lainnya. Menurut Bupati Nina Agustina, beberapa waktu yang lalu telah melakukan studi banding di Fauna Indonesia Bekasi.

“Studi banding tersebut bertujuan guna menjalin kerjasama terutama dalam hal pengadaan satwa untuk di Taman Kehati,” pungkasnya.

Taman Kehati berada tidak jauh dari salah satu ikon Kabupaten Indramayu yaitu Bunderan Kijang. Tepat sekali bila Taman Kehati dijadikan tempat penangkaran Rusa sehingga ketika masyarakat melihat Bunderan Kijang dan bertanya dimana Kijang (Rusa)-nya, maka jawabannya ada di Taman Kehati. (Agus MT/Dedy– Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)