Gasibu Tingkatkan Kepekaan Sosial – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 3 Juni 2020

Gasibu Tingkatkan Kepekaan Sosial

DISKOMINFO INDRAMAYU – Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) yang diinisiatori oleh kalangan ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga ke desa-desa terus mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indramayu.

Gerakan ini merupakan gerakan untuk menumbuhkan sikap empaty kepada orang lain sebagai upaya untuk meningkatkaan kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitarnya.

Pendistribusian nasi bungkus di tengah situasi penyebaran pandemi Covid-19 ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 dan dapat meringankan beban yang saat tengah dirasakan oleh masyarakat Indramayu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Indramayu Ny. Umirah Taufik Hidayat menjelaskan, Gasibu ini hadir disetiap kecamatan dan akan terus mendistribusikan nasi bungkus kepada mereka yang membutuhkan terutama dalam penyebaran pandemi Covid-19 ini.

Menurutnya, nasi bungkus itu dibagikan kepada para penerima manfaat seperti pengemudi ojek online dan opang, sopir angkutan kota, para pedagang dan masyarakat sekitar yang layak untuk dibantu.

“Kita terus mendorong semua Kecamatan kelurahan dan desa di Kabupaten Indramayu untuk membuka dapur umum selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Kabupaten Indramayu,” katanya.

Selasa, (12/05/2020) Gasibu dilaksanakan di wilayah Kecamatan Lohbener dengan mendistribusikan sebanyak 400 kotak nasi dan dibagi menjadi 4 titik dapur umum. Pada pendistribusian nasi tersebut, TP PKK mendapatkan dukungan dari Tim Jabar Bergerak dan Karang Taruna.

Warga yang mendapatkan bantuan tersebut nampak sumringah, seperti yang dialami oleh Wartani yang se hari-harinya berprofesi sebagai tukang ojek di pangkalan pertigaan Celeng (Lohbener) dengan menerima bantuan tersebut sangat bersyukur karena ada rejeki yang bisa diterimanya.

“Alhamdulilah ini sangat membantu saya. Ini buat buka puasa nanti,” kata Wartani. *(Aa DENI/Diskominfo Indramayu)*