Imbau Kuwu Gali Potensi Zakat | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 12 Desember 2018

Imbau Kuwu Gali Potensi Zakat

Tidak hanya untuk pengentasan kemiskinan. Jika tergali dengan optimal, dana yang dihimpun dari zakat, infaq dan sodaqoh (ZIS) bisa untuk mendorong peningkatan pembangunan di Kabupaten Indramayu.

Karena itu Wakil Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi mengimbau para kuwu bersama stake holder terkait untuk menggali sumber-sumber keuangan yang secara legalitas dilindungi oleh undang-undang maupun agama yakni ZIS.

“Potensi zakat, infaq dan sodakoh ini sangat besar. Patut digali secara masif untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan, pengentasan kemiskinan maupun pemberdayaan masyarakat,” kata dia saat Kunjungan Kerja dalam rangka Safari Ramadan 1439 H bersama elemen masyarakat wilayah eks Kawedanan Kandanghaur bertempat di halaman kantor Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Senin (04/06/2018)

Selama ini, ungkap Wabup Supendi, penggalian ZIS baru sebatas kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu. Jika para kuwu dapat bergerak untuk menggali potensi zakat maka permasalahan sosial di desa tersebut bisa diatasi langsung oleh kuwu dan pemerintah desa.

Meski terbilang kecil, dana yang berhasil dihimpun mampu untuk membantu rehab rumah gakin, modal usaha, pemberdayaan melalui majlis taklim dan pendirian koperasi, paket sembako, operasional madrasah, anak yatim, bantuan merbot masjid, sampai honor bagi imam masjid dan guru ngaji.

Jika upaya yang sama dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes), maka  pihaknya meyakini perolehan dana ZIS bisa terus dioptimalkan melalui upaya-upaya sistematis dan selaras dengan regulasi yang telah diterbitkan. Seperti misalnya dengan menggali potensi zakat mal dan zakat pertanian.

“Yakin kalau semuanya bergerak menggali potensi ZIS manfaatnya akan sangat luar biasa terutama untuk kebutuhan mendesak. Karena mengandalkan APBD akan sulit dan prosedurnya rumit,” terang dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wabup Supendi menyampaikan permohonan maaf jika pada tahun ketiga periode kedua kepempimpinannya bersama Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah masih banyak harapan dan keinginan masyarakat yang belum terpenuhi.

Kendati demikian, disisa waktu dua tahun kedepan Bupati Hj Anna Sophanah berkomitmen untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur mewujudkan visi Indramayu Remaja. Salah satunya pembangunan jalan diwilayah eks Kawedanan Kandanghaur menuju akses pintu Tol Cipali. Akses jalan yang baik diharapkan dapat menarik banyak investor untuk membangun industri dikawasan selatan Kabupaten Indramayu.

Sementara itu atas nama masyarakat di wilayah eks Kawedanan Kandanghaur, Camat Kroya Haryono SH menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Bupati dan Wakil Bupati Indramayu yang tak hentinya menggencarkan pembangunan infrastruktur.

Sejumlah ruas jalan yang sebelumnya rusak parah, kini telah dan sedang proses pekerjaan. “Akses jalan yang baik ini tentu akan memudahkan masyarakat kami beraktivitas dan secara langsung meningkatkan perekonomian wilayah,” terang dia. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)