Indramayu Jadi Tujuan Program “Right Here Right Now” Tahun 2022

DISKOMINFO INDRAMAYU — Ruang Temu Generasi Sehat Indonesia (RUTGERS) memilih Kabupaten Indramayu dalam impelementasi program Right Here Right Now 2 (RHRN2) yang dinanungi Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP).

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Kabupaten Indramayu Sugeng Heryanto secara simbolis memukul gong sebagai tanda dilaunchingnya program RHRN2 di Kabupaten Indramayu pada Selasa 9 Agustus 2022 di Hotel Trisula Indramayu

Dalam sambutannya Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Sugeng Heryanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indramayu menyambut baik adanya program RHRN2 ini yang bertujuan pemberdayaan masyarakat khususnya remaja dan orang muda termasuk masalah kesehatan reproduksi.

Menurutnya, launching RHRN2 ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menangani permasalahan kehidupan remaja, salah satunya adalah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR).

“Dimana program PIKR tersebut didasarkan oleh perilaku remaja yang semakin bebas terutama masalah reproduksi dan Sex sehingga semakin mengkahwatirkan dan jika tidak didukung oleh pengetahuan dan pemahaman mengenai sikap serta perilaku yang benar akan menimbulkan masalah yang serius,” katanya kepada Diskominfo Indramayu, Kamis (11/8/2022).

Sugeng menambahkan, kedua program dalam mengantisipasi permasalahan generasi muda keberadaanya sangat penting. Sehingga diharapkan dapat berjalan dengan dan maksimal dalam rangka mewujudkan Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Diharapkannya, program RHRN 2 ini dapat mendukung terciptanya anak muda Indramayu yang sehat, inkslusif, dan bermartabat. Selain itu diharapkan juga bisa berkolaborasi dengan program Pemerintah Kabupaten Indramayu PIKR yang dijalankan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disduk-P3A) Indramayu beserta unsur terkait.

“Tentunya sangat membantu dalam hal mensosialisasikannya kepada masyarakat nantinya, terutama kepada para Remaja sebagai generasi penerus Indramayu dan saya atas nama Bupati Indramayu mengucapkan terima kasih dengan terjalinya kerjasama ini, semoga programnya berjalan dengan lancar dan sukses,” harapannya.

Sementara itu Perwakilan RUTGERS Djajat Sudrajat menyampaikan, pemilihan kabupaten Indramayu sebagai salah satu tempat pelaksanaan program tersebut bukan karena semata mata kekurangan atau hal yang tidak baik dalam suatu daerah.

“Indramayu dipilih sebagai tempat pelaksanaan program RHRN 2 lebih didasarkan oleh pemenuhan data yang sesuai dengan program serta adanya komitmen dari pemerintah daerahnya dalam hal pelaksanaan program pembangunan di bidang Remaja dan hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut,” katanya.

Selanjutnya Ketua PMI Indramayu Mulya Sadjati mengungkapkan, bahwa program ini juga memiliki tujuan lain yakni untuk menginformasikan bahwa PMI indramayu tidak hanya melasanakan kegiatan donor darah dan menangani bencana alam, akan tetapi turut serta membantu Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menangani permasalahan sosial masyarakat lainnya dalam hal ini remaja di Indramayu.

“Program ini salah satu upaya dalam membantu pemerintah daerah untuk memberikan informasi dan pemahaman yang benar tentang reproduksi, kesehatan dan sex dengan mensosialisasikan ke masyarakat sehingga dapat mencegah dan mengurangi pernikahan dibawah umur, serta hamil di usia remaja atau anak, dimana hal tersebut akan mempengaruhi kualitas yang baik dalam penciptaan generasi penerus di Indramayu sehingga Indramayu Bermartabat akan bisa terwujud yang tentunya dengan sinergitas antara pihak pihak yang berkompenten,” ungkapnya. (Teno/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)