Jelang Penilaian P2WKSS, DISDUK-P3A Kab. Indramayu Menggelar Rakor

DISKOMINFO INDRAMAYU — Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DISDUK-P3A) Kabupaten Indramayu, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan akhir evaluasi Penilaian Program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Indramayu, Kamis (24/11/2022).

Dalam pemaparannya, Plt. Kepala Disduk-P3A Sri Wulaningsih melaporkan, Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu ditetapkan menjadi lokus penilaian P2WKSS tingkat provinsi Jawa Barat, dengan demikian rakor perlu dilakukan bersama guna meningkatkan komitmen bersama dalam meningkatkan peran wanita dalam proses pembangunan.

“Terkait penilaian P2WKSS dengan lokasi khusus di Desa Kroya, Kecamatan Kroya yang sudah ditetapkan oleh keputusan Gubernur Jawa Barat maupun keputusan Bupati. Pada hari ini kami mengundang 22 OPD yang merupakan unsur-unsur yang terkait pada tahap Verifikasi dilaksanakan nanti tanggal pada 6 Desember 2022,” katanya.

Dijelaskan Plt. Kepala DISDUK-P3A Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih, P2WKSS ini sifatnya partisipasi dari berbagai unsur komponen dalam rangka Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera.

Menurutnya, bukan hanya dari aspek pemerintahan akan tetapi juga turut berpartisipasi dari BUMD, BUMN dan unsur Organisasi seperti BJB Cabang Indramayu, Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Sri Wulaningsih menambahkan, rakor diadakan untuk mengetahui progres intervensi pembangunan fisik dan non fisik dari masing-masing perangkat daerah sebagai persiapan akhir verifikasi penilaian dari Provinsi Jawa Barat.

Selain itu juga melakukan identifikasi permasalahan yang ada agar segera dilakukan intervensi susulan dan melakukan pembinaan serta pendampingan sebelum hingga saat verifikasi akhir pada 6 Desember 2022 mendatang.

“Masing-masing Perangkat Daerah terkait diminta hasil progres pekerjaan yang sudah dilakukan dan dicatat dalam pelaporan ini”ujarnya.

Sri Wulaningsih menambahkan, sejumlah perangkat daerah terkait telah memberikan laporan kegiatannya dalam menunjang Program P2KWSS khususnya di Desa Kroya, salah satunya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu melalui kegiatan sosialisasi internet sehat bagi 30 orang.

Sri Wulaningsih berharap, program ini bisa dilanjutkan oleh warga, tidak selesai pada saat penilaian saja. Sebab semua yang telah dilakukan oleh Perangkat Daerah sangat berguna bagi masyarakat yang khususnya menjadi Lokus Penilaian P2KWSS.

“Semoga pemberdayaan masyarakatnya bisa terus menerus bermanfaat, sehingga perempuan di lokus P2WKSS menjadi berdaya bagi diri sendiri dan keluarganya,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Kroya Ardiwan menyampaikan, banyak terimakasih atas bantuan yang telah diberikan untuk masyarakat desa kroya yang menjadi Lokus penilaian P2KWSS ini, sehingga desa Kroya mengalami banyak perubahan.

“Saya sebagai kepala desa kroya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang telah diberikan kepada desa kami sehingga di desa kami khususnya di lokus Penilaian P2KWSS ini mengalami perubahan-perubahan, seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi dan tanya jawab dengan membahas apa-apa saja yang perlu dipersiapkan dan kesiapan semua pihak terkait untuk suksesnya penilaian P2WKSS tahun ini, baik masukan atau pendapat yang dimungkinkan dapat diterapkan dalam kaitannya dengan penilaian P2WKSS tahun ini. (Wira/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)