Kembangkan Mangga Agrimania | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Selasa , 20 Februari 2018

Kembangkan Mangga Agrimania

Pertamina RU VI Balongan Resmikan Gedung Diklat Pertanian Rawa Bolang

Pertamina RU VI Balongan bersama dengan Pemkab Indramayu berkomitmen untuk mengembangkan budidaya mangga yang saat ini terus mendapatkan perhatian pihak luar. Mangga yang saat ini terus menarik perhatian masyarakat dan investor adalah mangga Agrimania.

Untuk mendukung pengembangan mangga Agrimania tersebut, General Affairs Manager Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan Hartanto meresmikan penggunaan Gedung Diklat Pertanian Rawa Bolang, yang berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu pada Kamis (25/01/2017).

Hartanto menjelaskan,  renovasi gedung sebesar Rp. 200 juta tersebut merupakan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina.

Selain kepedulian dalam bentuk renovasi gedung, RU VI Balongan juga saat ini tengah mengembangkan budi daya pohon mangga sebanyak 400 pohon yang ditanam di lahan Perumahan Pertamina RU VI Bumi Patra, ” ungkap Hartanto.

Ditambahkan Hartanto,  Agrimania akan melakukan pendampingan terhadap Kelompok Tani Wong Tani Ceblok dalam budi daya pohon mangga di Bumi Patra tersebut.

“Kami sangat support gedung diklat ini,  sehingga nantinya mangga dari Indramayu benar-benar sangat terkenal, apalagi ada mangga unggulan yang mulai banyak dicari orang luar yakni mangga Agrimania, ” katanya.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina RU VI Rustam Aji menyebutkan, bahwa pihaknya membantu Gedung Diklat Agrimania karena Agrimania berhasil menemukan buah mangga varietas unggul baru yang diberi nama mangga Agrimania di tahun 2011.

“Keberadaan kebun buah Agrimania diharapkan mampu mendongkrak wisata di sekitarnya (Situ Rawa Bolang),” tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Takmid, menyebutkan, bahwa bantuan Gedung Diklat ini dapat membantu pendidikan dan pelatihan hortikultura bagi masyarakat.

“Ke depan, semoga lokasi ini dapat menjadi agrowisata ikonik Indramayu,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap agar Agrimania dapat membudidayakn jenis buah unggulan lainnnya seperti kurma selain buah mangga yang merupakan buah ikonik Indramayu.

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Hortikultura, Urip, mengatakan, bahwa Agrimania saat ini sudah membudidayakan beberapa buah, seperti mangga, alpukat, salak, kelengkeng dan kurma.

“Selain bagi petani, kami membuka Gedung Diklat dan kebun Agrimania bagi mahasiswa dan pelajar untuk mempelajari hortikultura,” sebutnya.

Ditambahkannya bahwa mahasiswa dan pelajar tersebut tidak akan dipungut biaya ketika belajar hortikultura di Agrimania. Aa DENI / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu