Keren, Ribuan Relawan Bersihkan Lingkungan Indramayu | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 12 Desember 2018

Keren, Ribuan Relawan Bersihkan Lingkungan Indramayu

Ribuan orang yang tersebar diberbagai wilayah di Kabupaten Indramayu secara serentak melakukan aksi kebersihan untuk menciptakan lingkungan Kabupaten Indramayu yang bersih, aman, dan indah.

Pembukaan kegiatan tersebut dilakukan langsung Wakil Bupati Indramayu H. Supendi, di Alun-alun Indramayu, Sabtu (15/09/2018).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Indramayu, Aep Surahman, menjelaskan, kegiatan kebersihan serentak tersebut merupakan rangkaian kegiatan ke-491 Hari Jadi Kabupaten Indramayu dan World Clean Up Day 2018.

Untuk wilayah kota, kegiatan kebersihan dipusatkan di Sungai Cimanuk Lama dan Prajagumiwang dengan program Grebeg Kali Bersih atau Prokasih (Program Kali Bersih). Kegiatan tersebut melibatkan 1.000 orang relawan yang berasal dari SKPD, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, pelajar, kelompok peduli lingkungan, masyarakat sekitar aliran sungai, serta komponen lainnya.

Sementara untuk wilayah lainnya yang tersebar di 31 kecamatan, juga dilaksanakan aksi serupa yang dikomandoi oleh camat masing-masing.

“Kita ingin menggerakkan masyarakat bahwa kebersihan lingkungan merupakan kebutuhan dasar. Ini harus menjadi komitmen bersama semua pihak. Selain itu hal ini meruapakan upaya sosialisasi peraturan daerah tentang K3” tegas Aep.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan, kegiatan Grebeg Kali Bersih atau gerakan kebersihan serentak ini diharapkan berdampak pada kecintaan masyarakat Indramayu terhadap kebersihan sehingga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi kebutuhan masyarakat.

Jika masyarakat sudah mengenal PHBS, maka sejak tataran rumah tangga mereka sudah dapat memilah jenis-jenis sampah untuk dikelompokkan sesuai jenisnya.

“Sebagian besar sampah yang ada di Indramayu berasal dari sampah rumah tangga. Jika masyarakat sudah mengenal jenis sampahnya maka ini akan mengurangi volume sampah yang dihasilkannya, ” kata Supendi.

Selanjutnya, meskipun yang jadi titik utama adalah Sungai Cimanuk Lama dan Paragumiwang. Namun efek dari kegiatan tersebut adalah seluruh sungai-sungai yang ada di Indramayu bisa bebas dari sampah.

“Sebagai pimpinan daerah saya mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi dari seluruh elemen yang terlibat baik di kegiatan Grebeg Kali Bersih yang ada di wilayah kota maupun yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu,” kata Supendi.

Seusai membuka secara resmi, selanjutnya Wakil Bupati Indramayu yang didampingi Kapolres Indramayu, Kasdin 0616 Indramayu langsung meninjau lokasi bantaran Cimanuk Lama untuk ikut serta dalam kegiatan Grebeg Kali Bersih tersebut dan langsung memungut sampah yang ditemukan di area tersebut. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)