Komitmen Terhadap Perubahan Iklim Bupati Indramayu Raih Penghargaan KLHK | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Senin , 12 November 2018

Komitmen Terhadap Perubahan Iklim Bupati Indramayu Raih Penghargaan KLHK

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini, orang nomor satu Indramayu mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI atas kepeduliannya terhadap pembinaan Proklim terhadap masyarakat, kelompok, dan swasta di Kabupaten Indramayu. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup RI, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia sangat komitmen untuk membentuk kampung iklim ini dengan menggerakan berbagai kelompok-kelompok masyarakat dan pihak swasta untuk bisa adaptasi terhadap perubahan iklim.

“Terhadap komitmen itu, kami dari KLHK memberikan apresiasi terhadap bupati/walikota yang sangat peduli tersebut. Untuk tahun ini kami berikan kepada 9 gubernur dan 41 bupati/walikota di seluruh Indonesia,” tegas Siti Nurbaya.

Sementara itu, ditemui seusai menerima penghargaan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, Kabupaten Indramayu terus mengembangkan beberapa kampung iklim. Hal ini karena perubahan cuaca terus terjadi dan perubahan lingkungan terus mengintai kondisi masarakat Indramayu.

“Kita upayakan untuk terus memperbanyak dan memperluas kelompok-kelompok peduli iklim dan lingkungan agar dampaknya semakin dirasakan oleh masyarakat Indramayu. Saat ini kami baru memiliki Bank Sampah Eretan Kulon yang bermitra dengan PHE ONWJ, CBO Ibu Tien Berseri Desa Tinumpuk yang bermitra dengan PT. Polytama, dan Kelompok Tani Buana Mukti Sliyeg,” kata Anna.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengatakan, Kabupaten Indramayu meraih apresiasi dari KLHK terkait dengan program kampung iklim karena banyak melakukan pegelolaan sampah, penghijauan, teknologi tepat guna dan ramah lingkungan, penghematan air, penggunaan pupuk organik, ketahanan pangan, dan pemberdayaan perempuan. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)