Kompepar Indramayu Dilantik Menuju Pariwisata Maju Ekonomi Tumbuh – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Kamis , 12 Desember 2019

Kompepar Indramayu Dilantik Menuju Pariwisata Maju Ekonomi Tumbuh

DISKOMINFO INDRAMAYU – Asisten Daerah (Asda) Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Indramayu Maman Kostaman melantik Pengurus Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Indramayu periode 2019-2024 di Hotel Grand Trisula Indramayu, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019).

Asda Maman berharap, dengan dilantiknya Kompepar Indramayu dapat menjadi pionir serta aktor penggerak untuk mengajak elemen masyarakat aktiv menuju terciptanya sektor pariwisata yang maju serta tumbuh kembangnya perekonomian.

“Pemerintah Kabupaten Indramayu menyambut baik dilantiknya Kompepar Indramayu ini, karena saya yakin akan selalu aktiv menggiatkan sektor pariwisata yang ada di desa dan kecamatan untuk mencipatakan pariwisata yang maju serta tumbuh kembangnya ekonomi baru di Indramayu,” katanya.

Menurut Maman, Indramayu memprioritaskan pembangunan pada segala sektor baik pertanian dan juga kelautan yang memiliki potensi pariwisata kedepan. Semisalnya, dengan panjang pantai Indramayu mencapai 147 kilometer juga diharapkan memiliki satu destinasi wisata andalan agar mampu di kelola oleh pihak swasta atau masyarakat setempat.

“Dengan garis pantai terpanjang di Pulau Jawa, maka saya berharap bagaimana Indramayu memiliki satu saja destinasi wisata pantai andalan yang kemudian bisa menciptakan perputaran ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) Indramayu melalui retribusi dan pajak sesuai aturan yang berlaku,”tambahnya.

Sementara itu Kepala Disbudpar Indramayu Carsim menyebutkan, keberadaan Kompepar Indramayu akan mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam upaya kepariwisataan melalui terwujudnya sapa pesona.

“Saya yakin Kompepar Indramayu kedepan akan mampu mengoptimalkan peran masyarakat untuk terwujudnya pariwisata di Indramayu sesuai Sapta Pesona yang Aman,Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Ketua Kompepar Indramayu Taufiqurrohman mengungkapkan, setelah dilantik dan mendapatkan SK Bupati Indramayu, sesegera akan menjalankan mekanisme kerjanya dan terus bersinergi dengan Pemkab Indramayu.

“Kami akan menjalankan fungsi kami untuk selalu bersinergi dengan Pemkab Indramayu atas dasar tujuan yang sama yakni, terciptanya sektor pariwisata Indramayu yang berbasis pada nilai – nilai kearifan lokal dengan melibatkan masyarakat daerah sekitarnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)