Mahasiswa FISIP Unwir Praktikum Teknologi dan Informasi di Pemkab Indramayu

Dipublikasikan oleh Toyib pada

DISKOMINFO INDRAMAYU – Sedikitnya 39 Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Wiralodra Indramayu diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Indramayu saat melakukan kunjungan praktikum pemerintahan, di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Rabu (12/2/2020).

Para mahasiswa FISIP Unwir Indramayu itu berkesempatan berdialog langsung dengan sejumlah kepala atau perwakilan perangkat daerah untuk menanyakan dan memperoleh pengatahuan sesuai tama praktikum “Penerapan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kabupaten Indramayu”.

Dekan FISIP Unwir Indramayu Ismanudin menjelaskan, salah satu Program Studi Ilmu Pemerintahan yakni adanya praktikum yang bertujuan memberikan pemahaman secara interaktif dan konkrit bagi mahasiswa terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di dalam suatu pemerintahan.

“Tujuan kunjungan praktikum ini ingin memberikan pengajaran kepada para mahasiswa dalam konteks memahami teknologi informasi pemerintahan yang selama ini diselenggarakan di Pemerintah Kabupaten Indramayu,” jelasnya.

Ia menyebutkan, peserta praktikum yang terlibat adalah Mahasiswa FISIP Unwir Indramayu Semester VII, dengan harapan mahasiswa sebagai generasi perubahan dapat menjadi kader-kader yang akan memimpin suatu pemerintahan daerah ke depan.

Sementara itu Sekda Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo mengatakan, menyambut baik kedatangan para Mahasiswa FISIP Unwir Indramayu. Pasalnya Unwir saat ini menjadi perguruan tinggi kebanggan masyarakat Bumi Wiralodra.

Sekda Rinto menyebutkan, kondisi penerapan sistem teknologi informasi yang ada di Pemkab Indramayu telah memiliki 50 sistem berupa aplikasi guna mendukung kinerja masing-masing OPD serta untuk terciptanya pelayanan publik.

“Untuk sistem teknologi informasi di Indramayu berupa aplikasi seperti, Aplikasi Simda, Simpeg, Simpan-Ayu, Indramayu All In One, LPSE Indramayu dan sebagainya. Semua aplikasi tersebut diciptakan ada yang skala nasional dan juga lokal untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik terhadap masyarakat,” katanya.

Lanjut Rinto, Pemkab Indramayu saat ini memiliki Command Centre bantuan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan juga terwujudnya Indramayu Smart City. Dengan kondisi demikian, mahasiswa unwir berkesempatan menggali informasi dan pengatahuan yang berkaitan tentang kemajuan teknologi informasi.

“Sehingga dengan pertemuan ini dapat saling menguntung baik untuk Mahasiswa FISIP Unwir Indramayu dan Pemkab Indramayu tentang teknologi informasi serta saling mengisi dan memperbaiki segala kekurangan demi pelayanan kepada masyarakat ini bisa berjalan dengan lebih cepat, mudah dan optimal,” tambah Rinto.

Dalam kesempatan itu, Dewi Rakasiwi Mahasiswa FISIP Unwir Indramayu Semester VII mengungkapkan, bangga melihat kondisi penerapan teknologi informasi di Pemerintahan Kabupaten Indramayu karena sudah mementingkan segala unsur lapisan masyarakat.

“Saya tertarik dengan Aplikasi Indramayu All In One yang diperuntukan bagi masyarakat untuk memperoleh layanan aduan dan informasi secara bersamaan. Sementara aplikasi yang sebelumnya saya tidak tau sekarang bisa tau contohnya Simda yang ternyata dari BKD Indramayu,” ungkapnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)