Miliki Ciri Khas Bangunan, Puskesmas Plumbon Jadi Prototipe Puskesmas se-Indramayu – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Kamis , 22 Agustus 2019

Miliki Ciri Khas Bangunan, Puskesmas Plumbon Jadi Prototipe Puskesmas se-Indramayu

Plt. Bupati Indramayu H. Supendi meresmikan Puskesmas Plumbon Kecamatan Indramayu sebagai prototype puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Indramayu, Rabu (16/01/2019).

H. Supendi menjelaskan, saat ini Pemkab Indramayu tengah mengembangkan prototype puskesmas dengan bentuk yang sama yang pendanannya bersumber dari APBD Indramayu. Saat ini puskesmas yang memiliki prototype yang sama baru ada di puskesmas Kertawinangun dan Plumbon.

Pada tahun 2018 lalu, dana yang digelontorkan oleh APBD Indramayu untuk pengembangan Puskesmas mencapai 36,7 miliar.

“Dengan adanya prototype Puskesmas ini diharapkan bangunan Puskesmas di Indramayu memiliki ciri khas yang sama dengan warna yang lebih cerah dan terang sehingga menimbulkan efek optimis bagi yang sakit, ” tegas Supendi.

Supendi menambahkan, yang paling terpenting dalam pelayanan Puskesmas adalah peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Pihaknya tidak ingin lagi mendengar adanya pelayanan yang buruk, penelantaran pasien, maupun masalah lainnya.

“Saat ini pelayanan harus dilakukan dengan cepat, masyarakat menuntut akan hal itu dan penggunaan teknologi informasi secara digital harus dilakukan, ” tegasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Plumbon Hesti Heryanti mengatakan, bangunan Puskesmas Plumbon berdiri sejak tahun 1985 dan baru di renovasi pada tahun 2018 lalu dengan menelan biaya sebesar 2,7 miliar, sementara itu cakupan pelayanan Puskesmas Plumbon mencapai 54.992 orang.

Saat ini, Puskesmas Plumbon memiliki 46 orang karyawan yang terdiri dari tenaga bidan sebanyak 14 orang, tenaga perawat sebanyak 10 orang, dan tenaga lainnya sebanyak 22 orang. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)