Pancasila Sumber Inspirasi Politik Harapan | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Selasa , 18 Juni 2019

Pancasila Sumber Inspirasi Politik Harapan

DISKOMINFO INDRAMAYU – Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 harus dijadikan sebagai inspirasi dan politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Indramayu H. Supendi ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2019 tingkat Kabupaten Indramayu yang membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Sabtu (01/05/2019) di Alun-alun Indramayu.

Supendi menegaskan,  semua pihak harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia  yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun,  damai,  adil,  dan makmur dalam keadilan serta adil dalam kemakmuran, ” tegas Supendi.

Selanjutnya,  Pancasila sebagai bentuk keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus di perjuangkan. Keberagaman kondisi geografis,  flora,  fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Yang juga penting, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan di perjuangankan secara terus-menerus.

“Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pinta bupati.

Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas,  toleransi dan gotong royong keberagamaan yang ada menjadi suatu berkah.  Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ads dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

Pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila tersebut diikuti oleh ASN Pemkab Indramayu, TNI/Polri, OKP,  pelajar, Forkopimda,  organisasi wanita,  dan lainnya. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)