3.000 Orang Bersihkan Kali Cimanuk Lama Indramayu – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Minggu , 5 April 2020

3.000 Orang Bersihkan Kali Cimanuk Lama Indramayu

DISKOMINFO, INDRAMAYU – Sebanyak 3.000 elemen masyarakat Indramayu turun membersihkan kali Cimanuk Lama dalam rangka peringatan Bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2020.

Aksi bersih-bersih kali Cimanuk merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan K3 dan HPSN Tahun 2020 yang digagas Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan Indramayu bekerjasama dengan Pemkab Indramayu, Sabu (21/2/2020) di Kali Cimanuk Lama Indramayu.

General Manager (GM) Pertamina RU VI Balongan Indramayu Nur Qadim menjelaskan, momentum peringatan HPSN telah melibatkan instansi terkait Pemkab Indramayu, pelajar, komunitas lingkungan dan masyarakat umum untuk bergabung dalam kegiatan bebersih sungai yang bertujuan meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Dimana kegiatan ini kita sebut sebagai Pertamina Zero Waste Environmental Collaborative Action, kami harapkan segala kegiatan yang sudah lakukan semua itu dapat meningkatkan budaya cinta akan kearifan lokal, sadar akan keselamatan dan meningkatnya keinginan untuk kelestarian lingkungan,”jelasnya.

Di samping itu GM Pertamina RU VI Balongan Nur Qadim memaparkan, pentingnya meningkatkan kepedulian sekaligus rasa tanggung jawab tentang aspek Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) untuk mendorong jalannya program Pemkab Indramayu dan Pertamina RU VI Balongan yang tertumpu pada Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kegiatan operasional setiap hari.

“Momentum hari K3 dan HPSN 2020 kami mengangkat tema tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Resiko dalam aspek Health, Safety, and the Environment (HSE) untuk membangun budaya saftey dan meningkatkan daya saing perusahaan Pertamina di era 4.0 dalam mewujudkan kemampuan bisnis kedepan,” paparnya.

Sementara Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, dengan kondisi dunia ketenagakerjaan yang mengarah pada kemajuan teknologi informasi semakin berkembang dan kompleks perlu adanya pengendalia strategi yang lebih efektif, efesien dan inivovatif dalam mendukung dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek K3.

“Dalam kemajuan ketenagakerjaan yang semakin kompleks, aspek K3 bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah atau perusahaan semata tetapi di sini, masyarakat pun harus turut andil dalam mewujudkan budaya K3,” katanya.

Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat pada momentum HPSN 2020, dengan dilakukannya bebersih Kali Cimanuk ama mengharapkan, tidak menjadi seremonial melainkan dibarengi lagkah yang nyata dari masyarakat Kabupaten Indramayu . Mengingat, permasalahan sampah menjadi tanggung jawab bersama sehingga perlu adanya kesadaran dalam mengolah sampah dan memberikan keuntungan bukan malah menjadi musibah.

“Untuk itu pada kesempatan ini yang berbahagia, dalam peringatan HPSN 2020 saya mengajak seluruh pihak untuk senantiasa mempunyai kesadaran dalam pengelolaan sampah yang dapat dimulai di lingkup terkecil yaitu lingkup keluarga,” harapnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)