Resmi, Embarkasi Haji Dibangun 2020 Di Indramayu | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Senin , 15 Juli 2019
Breaking News

Resmi, Embarkasi Haji Dibangun 2020 Di Indramayu

DISKOMINFO, INDRAMAYU – Masyarakat Kabupaten Indramayu patut berbangga diri karena dari sekian wacana keberadaan embarkasi haji di Kabupaten Indramayu ternyata terwujud dan secara resmi dibangun melalui anggaran pemerintah pusat senilai 70 miliar pada tahun 2020.

Hal itu terungkap ketika Pemerintah Kabupaten Indramayu menyerahkan asset tanah hibah seluas 10 hektare kepada Direktorat Jendral (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) pada Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Kamis (04/04/2019) di Masjid Islamic Center Kabupaten Indramayu.

Ditjen PHU Kemenag RI Prof Nizar Ali menjelaskan, pemerintah pusat sudah menyiapkan anggaran sebesar 70 miliar untuk pembangunan Embarkasi Haji di Kabupaten Indramayu pada tahun 2020 mendatang. Embarkasi haji ini diharapkan dapat mengoptimalkan keberadaan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

“Kementerian Keuangan RI sudah menganggarkan pembangunan Embarkasi Haji di Kabupaten Indramayu dengan nilai anggaran mencapai 70 milliar, hal ini untuk mengoptimalkan keberadaan Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, sehingga jama’ah haji dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelum terbang akan menginap di Embarkasi Haji Indramayu,” jelasnya.

Ia menyebutkan, dipilihnya Kabupaten Indramayu sebagai pembangunan Embarkasi Haji di Jawa Barat karena ingin menumbuhkan sektor perekonomian di masyarakat. Selain itu impian museum haji di Kabupaten Indramayu kedepannya diharapkan hadir agar Indramayu terkenal.

“Kabupaten Indramayu sudah layak di bangun embarkasi haji atas izin gubernur dan pemerintah pusat, karena ingin menumbukan titik perekonomian yang maju dan berdaya saing. Sehingga kedepannya juga Kabupaten Indramayu diharapkan mempunyai museum haji tujuannya agar Indramayu terkenal dan perekonomian tumbuh dan berkembang,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Indramayu melalui Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo mengatakan, dengan berbagai upaya Kabupaten Indramayu ingin membangun embarkasi haji akhirnya terwujud.
“Perlu diketahui hari ini sangat bangga karena Kabupaten Indramayu terpilih menjadi tujuan pembangunan embarkasi haji yang rencananya di bangun dekat jalan pantai utara (pantura) Kecamatan Lohbener Indramayu,” katanya.

Rinto menambahkan, kebanggan terpilihnya Kabupaten Indramayu sebagai tujuan utama pembangunan embarkasi haji juga kebanggan lainnya muncul karena dari sekian kabupaten/kota yang sama menginginkan embarkasi haji. Ternyata Kabupaten Indramayu yang dinyatakan layak dan siap untuk dibangun embarkasi haji.

“Kebanggan itu muncul juga karena dari sekian kabupaten/kota yang menginginkan pembangunan embarkasi haji ternyata Kabupaten Indramayu yang layak dan siap untuk di bangun embarkasi haji,” pungkasnya. (M.Toyib/Aa Deni/Diskominfo Indramayu)