Supendi : Petani Sangat Penting Memiliki Koperasi | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Selasa , 21 Agustus 2018
Wakil Bupati Indramayu Kegiatan Pelatihan Koperasi bagi anggota Serikat Tani Indramayu

Supendi : Petani Sangat Penting Memiliki Koperasi

Para petani di Kabupaten Indramayu sangat penting untuk berserikat dan berhimpun melalui lembaga koperasi. Pasalnya dengan mendirikan koperasi maka petani memiliki wadah untuk mengembangkan usahanya sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi para petani tersebut.

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi, ketika membuka kegiatan pelatihan koperasi bagi anggota Serikat Tani Indramayu (STI) yang berlangsung di Aula KPRI Damai Kecamatan Kroya, Kamis (26/04/2018).

Supendi menegaskan, selain karena dapat mengembangkan usahanya, dengan berhimpun melalui koperasi maka petani bisa mendapatkan berbagai pelajaran dan pengalaman karena dengan memiliki koperasi maka bisa belajar tentang manajeman modern seperti mengelola keuangan, barang, gudang maupun lainnya.

Koperasi juga berperan penting dalam pengelolaan bantuan pemerintah. selama ini bantuan alat produksi seperti benih dan pupuk hanya menjangkau para kelompok tani. Sementara masih banyak petani yang belum menerima bantuan dari pemerintah, maka dengan berhimpun melalui koperasi atau berserikat maka bisa memudahkan penyaluran bantuan.

Sementara itu panitia kegiatan Mujahid dari Serikat Tani Indramayu mengatakan, peserta yang berasal dari STI tersebut sangat antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan itu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perwakilan peserta yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Indramayu, tercatat sebanyak 179 petani hadir untuk mendapatkan pelatihan tentang koperasi.

“Alhamdulilah para petani sangat tertarik untuk mendapatkan ilmu tentang koperasi, selain pelatihan koperasi kami juga akan memberikan pelatihan lainnya diwaktu yang akan datang,” tegas Mujahid. (Aa DENI/Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu)