Tembus 970 Berita Per Tahun, Media Centre Diskominfo Indramayu Raih Penghargaan

Dipublikasikan oleh RFM pada

DISKOMINFO INDRAMAYU – Media Centre bukan hanya seonggok ruangan yang terdiri dari komputer yang terhubungan dengan internet. Namun, lebih dari itu, justru karena terhubung dengan internet, Media Centre dapat berperan sebagai “Humas Pemerintah”. Hal itu dinyatakan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Widodo Muktiyo saat membuka webinar bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik se-Indonesia di Jakarta, Rabu (22/07).

Widodo mengatakan, dalam lingkup komunikasi pemerintahan, di era 4.0, perkembangan teknologi harus dimanfaatkan sekaligus harus diwaspadai. Di sini, lanjutnya, humas pemerintahan memiliki peran yang strategis, serta harus berani melakukan terobosan, inovasi dan cara baru mensikapi suatu permasalahan.

Menyitir pernyataan Persiden Jokowi, Widodo menegaskan, tugas pemerintah saat ini menjamin “delivered”, bukan hanya menjamin “sent”. “Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya ‘sedang-sedang’ saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered,” kutipnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Dirjen IKP, Sumiati, mengatakan, komunikasi 4.0 ditandai dengan komunikasi yang semakin kompleks, bukan hanya orang dengan orang, tapi orang dengan mesin, bahkan mesin dengan mesin; komunikasi dengan big data, serta seluruh alur komunikasi saling berkaitan berkat digitalisasi. “Di zaman sekarang, hanya dengan satu jari saja kita sudah mendapatkan banyak informasi,” tandasnya.

Namun ujarnya, di era post truth ini, kebenaran fakta dan bukti tidaklah terlalu penting lagi sepanjang berdasarkan kesamaan pandangan, pikiran, dan keyakinan. “Akhirnya tumbuh subur cara-cara manipulatif yang menyihir orang untuk mempercayai hal-hal di luar nalar dan akal sehat,” kata Sumiati.

Sumiati menegaskan, masyarakat adalah konsumen, produsen, sekaligus distributor informasi melalui maraknya media sosial. Untuk itu, tambahnya, humas pemerintah harus mampu mengelola informasi publik agar masyarakat mendapatkan informasi yang seimbang.

“Tujuan pengelolaan komunikasi publik untuk menangkap berbagai isu yang berkembang di publik dan memberikan respon yang tepat. Selain itu, menjadi referensi informasi yang valid untuk meraih kepercayaan masyarakat” ujarnya.

Acara webinar menjadi seru saat diumumkan keputusan Dirjen IKP Kemkominfo tentang Penerima penghargaan Media Centre Daerah Tingkat Nasional Tahun 2019. Dari 251 kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia, hanya 160 daerah saja yang media centre-nya aktif. Dari 160 media centre yang aktif, terpilih 22 kabupaten/kota dan provinsi yang mengirimkan release berita di atas 900 berita per tahun.

Untuk level provinsi, Provinsi Jawa Timur berada di tingkat pertama dengan capaian berita sebanyak 4.264 berita, disusul oleh Provinsi Aceh 2.027 berita. Sedangkan untuk level Kabupaten/Kota, peringkat pertama diraih Kota Palangkaraya dengan 2.337 berita, diikuti oleh Kabupaten Indramayu yang berada di rangking 10 dengan capaian berita sebanyak 970 berita.

Ditemui usai webinar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, Aan H.M. tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Pasalnya, Indramayu menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Barat yang memperoleh penghargaan dari Kemkominfo untuk Kategori Media Centre Daerah yang berkontribusi aktif dalam mengirim berita ke kanal Info Publik yang dikelola oleh Dirjen IKP Kemkominfo.

Aan menegaskan, penghargaan dari Kemkominfo itu menjadi cambuk sekaligus penyemangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya di lingkup informasi dan komunikasi publik.

“Saya merasa terharu dan bahagia dengan prestasi ini. Di tengah keterbatasan dan situasi pandemi Covid-19, alhamdulillah, kinerja kami diapresiasi oleh Kemkominfo. Terima kasih Pak Dirjen IKP atas kepercayaannya. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati Indramayu dan Bapak Sekda Indramayu yang tidak kenal lelah terus mendorong kami untuk memajukan Diskominfo,” katanya

Diakhir wawancara, Aan mengaku merasa puas dan bangga dengan kinerja jajarannya yang telah bekerja keras memajukan Diskominfo Indramayu.

“Tidak lupa, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Diskominfo Indramayu, khususnya untuk tim media centre yang telah bekerja tanpa kenal waktu dan tanpa kenal terus-menerus menyampaikan informasi kepada masyarakat. Semoga apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)