TNI KB-Kes Wujudkan Sinergitas Menuju Keluarga Sejahtera – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Jumat , 20 September 2019

TNI KB-Kes Wujudkan Sinergitas Menuju Keluarga Sejahtera

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pelaksanaan program Bhakti TNI KB-Kes secara sinergis yang melibatkan berbagai instansi di Kabupaten Indramayu akan dapat mewujudkan tujuan bersama yakni keluarga sejahtera.

Hal tersebut ditegaskan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Indramayu Rinto Waluyo saat membuka Kegiatan Pencangangan Bhakti Tentara Negara Indonesia (TNI) Program Keluarga Berencana (KB) Kesehatan tingkat Komado Distrik Militer 0616 (KODIM-0616), sekaligus memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXVI serta kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Pos KB tingkat Kabupaten Indramayu, Kamis (22/8/2019) di Sport Centre Indramayu.

Rinto mengatakan, pelaksanaan 3 kegiatan sekaligus ini sangat penting karena momentum yang tepat untuk menguatkan komiten konsentrasi dan konsistensi pemerintah daerah dalam menggerakan program KB yang bertujuan tercipatanya norma keluaraga kecil bahagia sejahtera, melalui porgram (KKBPK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Ditambahkan Rinto, program KKBPK bertujuan mewujudkan fungsi keluarga lebih bahagia dan sejahtera kemudian terbebas dari kemiskinan dan menghindari kebodohan dan keterbelakangan pada keluarga.

Berkat sinergitas KODIM 0616 Indramayu menjalankan program Bhakti TNI KB-Kesehatan yang berkolaborasi dengan keberadaan tenaga penggerak desa di Kabupaten Indramayu. Menjadikan perannya sangat sentral karena turun langsung demi kesuksesan dan berjalannya program KB di lingkungan masyarakat.

“Program KB adalah program nasional dan sudah berjalan sejak lama. Sehingga dengan semangat juang tenaga penggerak desa maka perlu diperhatikan kesejahteraanya. Mengingat petugas penggerak desa menjadi pionir atau ujung tombak suksesnya program KB bersama KODIM 0616 Indramayu dan terbukti tahun lalu Kabupaten Indramayu juara pertama lomba Bhakti TNI KB Kesehatan tingkat Propinsi Jawa Barat,” kata dia.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (DANDIM) 0616 Kabupaten Indramayu Letkol Kav Agung Nurcahyono. program nasional KKBPK dipandang perlu karena membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk agar dapat seimbang dengan ketersediaan energi dan pangan.

“Seperti kita ketahui bahwa penduduk adalah aset penting suatu bangsa karena penduduk akan sangat menentukan maju dan mundurnya kemajuan bangsa. Artinya kelebihan penduduk dan minimnya penduduk maka akan berdampak bagi suatu negara,” jelas dia.

Optimis Juara KB

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Indramayu, Tri Nani R mengharapkan, semakin bertumbunya kampung KB di Kabupaten Indramayu bisa menjadi tolak ukur untuk kembali mampu meraih predikat terbaik pada lomba Bhakti KB-Kes untuk masa mendatang.

“Semakin tumbuhnya kampung KB di Indramayu menjadi optimis penilaian kami untuk meraih kembali predikat terbaik lomba Bhakti TNI KB-Kes berikutnya. Selain itu, terus berjalanya program nasional KB ini bentuk upaya kami membantu menciptakan visi Indramayu yang Religius Maju Mandiri dan Sejahtera di masyarakat,” harap dia.

Di akhir acara diserahkan penghargaan bagi Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik yang diraih Juara I kelompok BKB Anggrek II Desa Ilir, Juara II kelompok BKB Melati Desa Bongas dan Juara III kelompk BKB Jambangan Desa Bulak.

Kemudian kategori Bina Keluarga Remaja (BKR) diraih Juara I kelompok BKR Sumber Mas Desa Ilir, Juara II kelompk BKR Cimahi Desa Cidempet. Sementara kategori terbaik Bina Keluarga Lanisa (BLK) Juara I diraih kelompoj BLK Babussalam Desa Sumuradem, Juara II kelompok BLK Mawar Kuning Desa Kedungwungu dan Juara III kelompk BLK Nimala Desa Kedokan.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan terbaik bagi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kabupaten Indramayu, yang diraih Juara I UPPKS Anggrek Kecamatan Karangampel dan Juara II diraih UPPKS Restu Ibu Kecamatan Kandanghaur. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)