Bupati Indramayu Tindaklanjuti Laporan I-Ceta Terkait Banjir Di Desa Gelarmandala

Loading

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jajang Sudrajat, bertindak cepat menanggapi laporan masyarakat Desa Gelarmandala, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, yang terdampak banjir akibat curah hujan tinggi. Laporan tersebut diterima melalui program Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta).

Jajang Sudrajat langsung turun ke lokasi untuk meninjau kondisi banjir dan mencari tahu penyebab utamanya.

“Kami melihat langsung kondisi di lapangan. Ternyata banjir ini disebabkan oleh luapan Sungai Prawira Kepolo akibat curah hujan yang sangat tinggi. Air dari permukiman tidak bisa masuk ke saluran, sehingga menggenang dan merendam tiga rumah dengan empat kepala keluarga,” jelas Jajang, Selasa (09/07/2024).

Dalam kunjungannya, Jajang juga berkesempatan bersilaturahmi dengan warga yang terdampak banjir didampingi petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

“Alhamdulillah, kami bisa bertemu langsung dengan warga yang terdampak. Kami juga berkoordinasi dengan petugas puskesmas untuk memastikan kondisi kesehatan penghuni rumah yang terkena banjir,” tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, ditemukan beberapa gangguan kesehatan yang tidak terlalu serius seperti tekanan darah tinggi akibat kurang tidur.

“Kondisi kesehatan penghuni rumah kita periksa dan alhamdulillah hanya ada sedikit gangguan. Beberapa warga mengalami tekanan darah tinggi karena tidur yang tidak nyenyak. Masalah ini sudah diantisipasi dengan pemberian obat, dan mudah-mudahan warga Desa Gelarmandala tetap dalam kondisi sehat,” ungkap Jajang.

BACA  Humanisnya Satpol PP Indramayu Berikan Layanan Haji

Camat Balongan Opik Hidayat melalui Sekmat Balongan, Baman mengimbau kepada seluruh kuwu untuk siap kerja, sigap dan kerja nyata melayani masyarakat.

Baman menyampaikan pentingnya kesiapan dan kesigapan para kuwu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pelayan masyarakat.

“Kami berharap para kuwu dapat bekerja dengan lebih sigap dan menunjukkan aksi nyata dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini penting untuk memastikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” ujar Baman.

Sementara itu, Kuwu Desa Gelarmandala, Siswo mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu, Nina Agustina atas kesigapan dan kepedulian kepada masyarakat yang terdampak banjir dengan turun langsung meninjau lokasi.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Bupati Nina Agustina atas kesigapan dan kepedulian beliau terhadap masyarakat yang terdampak banjir,” ujar Siswo.

Peninjauan terhadap warga terdampak banjir juga turut dihadiri oleh seluruh kepala Desa se-Kecamatan Balongan dan Forkopimcam Balongan serta Petugas Kesehatan dari Dokmaru yang langsung memeriksa kondisi kesehatan warga yang terdampak banjir.

Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi warganya yang terdampak bencana, memastikan bantuan serta dukungan yang dibutuhkan segera tersedia.

(Diskominfo Indramayu)

Penulis: NPD/Fikri
Editor: Aa Deni

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top