Kejurda Catur Jawa Barat – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 16 Oktober 2019

Kejurda Catur Jawa Barat

Indramayu Siap Cetak Atlet PON

DISKOMINFO INDRAMAYU – Kejuaraan Daerah Catur tingkat Provinsi Jawa Barat diselenggarakan di Kabupaten Indramayu. Kejurda ini diharapkan bisa mencetak atlet-atlet catur untuk disiapkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung PGRI Sindang ini diikuti oleh ratusan atlet catur dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indramayu, Jahirin, mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan sejak 2-7 Juli 2019 tersebut diikuti oleh ratusan atlet dengan mempertandingkan 17 kelas yang terdiri dari kelompok veteran 1 kelas, kelompok umum terbuka 1 kelas, kelompok senior putrid 1 kelas, kelompok A putra/putrid usia 19 tahun 2 kelas, kelompok B putra/putrid usia 17 tahun 2 kelas, kelompok C putra/putrid usia 15 tahun 2 kelas, kelompok D putra/putrid usia 13 tahun 2 kelas, kelompok E putra/putrid usia 11 tahun 2 kelas, kelompok F putra/putrid usia 9 tahun 2 kelas, dan kelompok G putra/putrid usia 7 tahun 2 kelas.

Sementara itu Ketua Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Indramayu, Syaefudin mengatakan, Kejurda Catur Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Indramayu tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh atlet dari Indramayu untuk mengukir prestasi terbaik dan memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan prestasinya.

“Dipilihnya Indramayu mudah-mudahan kita bisa terus menunjukan prestasi dalam cabang catur seperti beberapa tahun lalu. Ini kesempatan kita untuk mengintip kekuatan daerah lain, dan Indramayu siap untuk mencetak atlet catur bisa berlaga di ajang PON mendatang,” kata Syaefudin.

Ketua Percasi Provinsi Jawa Barat, Syarif Bastaman mengatakan, Indramayu telah mencatatkan sejarah pada cabang catur di Indonesia karena telah melahirkan grand master catur baik putra maupun putrid dan telah mengharumkan Indonesia.

Selanjutnya, para pemenang 1 dan 2 dari masing-masing kelas pada kejurda kali ini berhak mengikuti seleksi untuk mewakili Jawa Barat pada pelaksanaan PON mendatang.

“Para pemenang satu dan dua dari masing-masing kelas ini, kita ikutsertakan pada seleksi untuk cabang catur pada PON mendatang untuk mewakili Jawa Barat,” kata Syarif. (Aa Deni/Diskominfo Indramayu)