Membanggakan, Puskesmas Kedokan Bunder Raih Penghargaan SRK Terbanyak Tahun 2022

Loading

DISKOMINFO INDRAMAYU – Membanggakan. Satu lagi prestasi berhasil ditorehkan oleh instansi yang ada di Kecamatan Kedokan Bunder. Kali ini giliran Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu yang menorehkan prestasi di awal tahun 2023 ini.

Puskesmas Kedokan Bunder meraih penghargaan sebagai Skrining Riwayat Kesehatan (SRK) terbanyak tahun 2022. Piagam Penghargaan diterima Kepala Puskesmas Kedokan Bunder bersamaan dengan kegiatan Monev Pelayanan Primer dan Awarding FKTP, Jum’at (3/2/2023) di salah satu hotel di Cirebon.

Kepala Puskesmas Kedokan Bunder, dr. Hj. Sumiyati menjelaskan, SRK adalah skrining yang dilakukan oleh peserta BPJS. Bagi peserta JKN di atas usia 15 tahun diharapkan melakukan skrining riwayat kesehatan secara rutin untuk mengetahui tingkat risiko terhadap penyakit Diabetes Mellitus, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Ginjal Kronis.

Skrining Riwayat Kesehatan meliputi data diri keluarga yang bisa dihubungi, riwayat kesehatan, riwayat penyakit pribadi, riwayat penyakit keluarga, dan pola konsumsi makanan.

Ada 2 cara pengisian skrining riwayat kesehatan yaitu melalui link atau website
https://webskrining.bpjs.kesehatan.go.id/skrining/index.html/ atau melalui manual untuk peserta yang tidak mempunyai HP dan di online kan oleh petugas puskesmas.

Sumiyati menambahkan, peserta BPJS di Kecamatan Kedokan Bunder sebanyak 31.475 peserta, sedangkan sasaran SRK yakni 25 % dari total peserta. Berdasarkan presentasi tersebut, maka Puskesmas Kedokan Bunder harus mencapai SRK 7.864 peserta.

“Tahun 2022 Puskesmas Kedokan Bunder sudah mencapai target SRK. Harapan kami pada tahun 2023 dapat mempertahankan untuk mencapai target tersebut,” kata Sumiyati.

BACA  Buka FORKAB Indramayu Tahun 2023, Bupati Indramayu: Junjung Tinggi Sportivitas

Sementara itu Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi sangat mengapresiasi perolehan kinerja Puskesmas Kedokan Bunder yang telah melakukan SRK hingga melampaui target.

Dengan SRK ini diharapkan menjadi deteksi dini terhadap kondisi kesehatan masyarakat di Kecamatan Kedokan Bunder.

“Dari hasil SRK ini didapatkan data kesehatan masyarakat. Data ini sebagai awal perencanaan dan keputusan dan menetapkan program kerja di bidang kesehatan,” tegas Atang.

Dengan SRK yang melampaui target ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat Kedokan Bunder yang sehat dan hebat sebagai implementasi visi Indramayu Bermartabat yang digagas Bupati Indramayu Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A. (Deni/MTQ – Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top