Peringatan Harkitnas ke-110 | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Minggu , 23 September 2018

Peringatan Harkitnas ke-110

Pentingnya Pembangunan SDM di Era Digital

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di era digital saat ini sangatlah penting dan menjadi dasar yang mutlak untuk meningkatkan daya saing dalam berbagai hal baik dengan daerah maupun dengan negara lainnya. Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Indramayu H. Supendi ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tingkat Kabupaten Indramayu, Senin (21/05/2018) di Alun-Alun Indramayu.

Tema “Membangun Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” dalam Hari Kebangkita Nasional, 20 Mei 2018, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang dalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersam-sama dalam rangka kebangsaan Indonesia.

“Bayangkan jika kita sepenuhnya berhasil membangun sumber daya manusia unggul dari 260-an juta lebih penduduk negeri ini. Bercermin dari keberhasilan Boedi Oetomo menggalang ide nasionalisme mulai dengan segelintir orang seabad lalu. Apa jadinya  jika seluruh sumber daya manusia unggul kita saat ini terhimpun dalam ide nasionalisme yang sama, dalam cita-cita untuk kejayaan bangsa yang sama?” tegas Wabup.

Wabup menegaskan, generasi millennial saat ini  telah terpapar oleh massifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

“Alhamdulillah, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya. Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia aplikasi ponsel, mereka jadikan ladang baru buat berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreativitas. Banyak kreator konten dan pengembang aplikasi Indonesia yang mendunia, mendapatkan apresiasi baik material maupun non-material,” tegas wabup.

Oleh sebab itu, Supendi melanjutkan, semua pihak harus bersama-sama untuk menjauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya. Tidak ada satu pihak yang tanggung jawabnya lebih besar daripada yang lain untuk hal ini.

Pada peringatan Harkitnas tersebut diserahkan SK Pensiun bagi para PNS yang memasuki usia pensiun pada 1 Juni 2018 mendatang, diserahkan pula penghargaan terhadap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu atas prestasi lomba pelayanan public tingkat Provinsi Jawa Barat melalui program Gerbang Maca.

Selain itu diserahkan pula penghargaan kepada SKPD  yang aktif dalam mengelola website dan media social dalam penyeberlauasan informasi pemerintah daerah kepada masyarakat. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)