Seleksi Paskibraka Tahun 2024 : Ajang Mencari Generasi Muda Berbakat dan Berprestasi

DISKOMINFO INDRAMAYU — Seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Tahun 2024 Kabupaten Indramayu berjalan dengan lancar. Seleksi Paskibraka tersebut bertempat di SMA Negeri 1 Indramayu, Sabtu (20/4/2024).

Diketahui, seleksi Paskibraka diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu dan juga Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI). Peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 359 orang calon Paskibraka yang berasal dari SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Indramayu.

Pada seleksi tahap pertama, calon Paskibraka mengikuti beberapa tes seperti Seleksi Administrasi (Daring), Seleksi Kemampuan Dasar ada Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Intelegensi Umum, Tes Kesehatan dan juga Parade. Proses seleksi menggunakan sistem CAT/Daring berbasis website yang dikerjakan oleh peserta menggunakan smartphone berbasis Android.

Plt. Bakesbangpol Kabupaten Indramayu Teguh Budiarso, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bertugas pada Seleksi Paskibraka Tahun 2024 tersebut.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia seleksi paskibraka tahun ini, baik dari Bakesbangpol, DPPI serta Kepala Sekolah dan unsur lainnya yang sudah mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi Paskibraka dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Seleksi tahap pertama telah meloloskan sebanyak 59 orang dari jumlah total 359 peserta, terdiri dari 20 orang putri dan 39 putra.

Selanjutnya, Teguh berharap seluruh peserta sudah menyiapkan yang terbaik dan semua panitia agar transparan pada semua tahap yang dilaksanakan.

BACA  Nina Agustina : "Laporan Keuangan 2022 Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan"

“Semoga kita mendapatkan yang terbaik untuk anak didik kita yang akan menjadi Paskibraka Kabupaten Indramayu,” ujar Teguh.

Kemudian diketahui, pada Minggu (21/4/2024) bertempat di Stadion Tridaya dan dilanjutkan di SMA Negeri 1 Indramayu, telah dilaksanakan Seleksi tahap kedua, yakni Seleksi Kesamaptaan, Seleksi Peraturan Baris Berbaris, Seleksi Kepribadian, hingga Pantukhir.

Pada seleksi tahap kedua akan menyaring sebanyak 59 peserta menjadi 30 peserta, terdiri dari 10 putri dan 20 putra. Kelulusan calon paskibraka Kabupaten Indramayu Tahun 2024 akan diumumkan pada dua pekan berikutnya melalui website yang dikelola oleh BPIP Pusat yaitu paskibraka.bpip.go.id. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Roro Wilis
Editor : Bambang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top