1.786 Personil Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri - Website Kabupaten Indramayu

1.786 Personil Siap Amankan Hari Raya Idul Fitri

DISKOMINFO INDRAMAYU – Sebanyak 1.786 Personil Gabungan siap amankan pelaksanaan mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Kesiapan personil tersebut terungkap ketika berlangsung Apel Gelar Pasukan pengamanan mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024, yang bertempat di Polres Indramayu, (03/04/2024).

Apel gelar pasukan pengamanan mudik lebaran tersebut dipusatkan di lapangan Sarja Arya Racana Polres Indramayu yang dipimpin oleh Dandim 0616 Indramayu Andang Radianto didampingi oleh Kapolres Indramayu M. Fahri Siregar dan Bupati Indramayu Nina Agustina yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Indramayu Aep Surahman.

Peserta apel dalam gelar pasukan pengamanan mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 tersebut diikuti oleh beberapa unsur dan instansi terkait diantaranya unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka, PT Jasa Raharja, PT Pertamina dan unsur lainnya.

Dalam arahannya Dandim 0616 Indramayu Andang Radianto selaku inspektur upacara membacakan arahan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo diantaranya penekanan kerja tim gabungan meliputi pengawasan daerah rawan kecelakaan, rawan kemacetan, rawan tindak kejahatan, rawan bencana alam dan pusat keramaian masyarakat, kesiapan sarana dan prasarana, menginformasikan arus mudik, ketersediaan stok dan stabilisasi harga bahan pangan dan BBM serta kesiapan moda transportasi mudik yang digunakan oleh masyarakat.

BACA  Hadiri International Seminar, Staf Ahli Ahmad Budiarto Ajak Perguruan Tinggi Bangun SDM Bermartabat

Andang menambahkan sesuai survei dari Kementrian Perhubungan terjadi peningkatan potensi pergerakan masyarakat yang mudik dari tahun kemarin 2023 sebesar 58,4 ℅ yakni sebanyak 193,6 juta orang akan melakukan perjalanan mudik melalui transportasi laut, udara dan darat begitu pula yang melintas di wilayah Indramayu melalui jalur arteri Pantura dan Tol Cipali.

“Sinergitas dari seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama keberhasilan pengamanan hari raya Idul Fitri dan Operasi Ketupat Lodaya 2024 dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan semua pihak kepada seluruh tim pengamanan dan stakeholder terkait lain,” tegasnya.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Sekretaris Daerah Aep Surahman berpesan kepada seluruh tim pengamanan untuk menjaga kesehatan selama bertugas sinergitas dan komunikasi dengan baik antar petugas sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat selama mudik bisa terjaga dan tercipta dengan baik.

Diketahui pengamanan mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1445 H dimulai dari tanggal 4 – 16 April 2024 untuk wilayah Kabupaten Indramayu personil pengamanan gabungan sebanyak 1.786 personil yang terdiri dari unsur TNI, Polri, unsur Kamtibmas serta instansi terkait lainnya. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Teno
Editor : Aa Deni

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top