Bangun Sarana Olahraga Hingga ke Desa, Bupati Nina Agustina Terima Penghargaan Kemenpora RI

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bidang Olahraga menjadi bidang perioritas dalam Visi Indramayu Bermartabat. Dalam implementasinya banyak program dan kegiatan yang dijalankan, salah satunya membangun sarana olahraga di tiap desa dan mendirikan SSB di tiap kecamatan.

Pemkab Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina sangat serius untuk melaksanakan program dan kegiatan tersebut. Atas komitmennya itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menganugerahi Nina Agustina penghargaan sebagai pembina olahraga di daerah.

Pemberian penghargaan sebagai Pembina Olahraga kepada Bupati Indramayu Nina Agustina diserahkan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotwdjo pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XL di Jakarta International Velodrome, Sabtu malam (9/9/2023).

Menpora RI Ario Bimo Nandito dalam sambutannya mengatakan, mengembangkan olahraga saat ini harus menerapkan konsep sportainment untuk makin menarik minat masyarakat dalam pembudayaan olahraga.

“Banyak manfaat dari hulu hingga hilir dengan konsep sportainment ini. Di hulu kita kembangkan pendidikan dan pelatihan, sedangkan di hilir adalah pemberdayaan ekonomi,” kata Ario Bimo.

Sementara itu Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto mengatakan, kegiatan olahraga harus terus menjadi kegiatan perioritas bagi masyarakat Indonesia. Bahkan harus menjadi budaya, jika olahraga sudah menjadi budaya maka kesehatan dan prestasi akan muncul beriringan.

Seperti diketahui, sejak pertama kali memimpin Indramayu tahun 2021 lalu, Bupati Nina Agustina langsung melakukan pembangunan dan rehab gedung PABBSI, rehab lapangan GOR Darma Ayu, rehab lapangan voli pasir, rehab toilet umum area Sport Center, pemasangan high mast area lintasan atletik, lintasan balap, dan area GOR Singalodra.

BACA  Dukung Program Bupati Indramayu Turunkan Stunting, Kalak BPBD Berikan Makanan Tambahan

Selanjutnya pada tahun 2022, telah dilakukan pembangunan 1 GOR Serbaguna, 4 lapangan futsal, 4 lapangan sepakbola, dan 3 lapangan bola voli. Kemudian pembangunan sarana olahraga dilanjutkan pada tahun 2023 ini dengan dibangun 11 lapangan voli, 1 lapangan panahan dan pengadaan 10 meja tenis yang dibangun di desa-desa di Kabupaten Indramayu agar bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Kepala Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Trinani Rochaeningsih mengatakan, Bupati Indramayu Nina Agustina juga telah meggelontorkan anggaran untuk dana pembinaan olahraga kepada KONI, NPCI, dan juga KORMI yang jumlah setiap tahunnya sangat fantastis.

“Dana pembinaan olahraga ini harapannya bisa mendongkrak prestasi olahraga Kabupaten Indramayu baik event lokal, provinsi, maupun nasional,” kata Trinanai.

Trinani menambahkan, yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indramayu saat ini adalah kegiatan Senam Sehat Bermartabat yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi secara serentak di semua kecamatan dan desa-desa seluruh Kabupaten Indramayu.

“Kehadiran orang nomor satu di Indramayu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat dalam Senam Sehat Bermartabat tersebut,” kata Trinani, (9/9/2023).

Kabupaten Indramayu juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kemenpora pada kegiatan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) sebagai peserta terbanyak dengan melibatkan para pelajar di Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya, Pemkab Indramayu di bawah arahan Nina Agustina juga terus melakukan pembinaan pengembangan dan pelatihan olahraga pelajar melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar Daerah (PPLPD) sebanyak 13 cabang olahraga yakni atletik, voli pasir, tinju, tarung drajat, kempo, judo, gulat, taekwondo, angkat besi, dayung, karate, silat, dan renang.

BACA  Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Kepedulian juga ditunjukan dengan adanya pemberian bantuan kepada organisasi masyarakat, klub olahraga, dan penggiat olahraga berupa sarana olahraga seperti bola voli, bola sepak, meja tenis, raket bulutangkis, net voli, net bulutangkis, dan lainnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Indramayu, Trisula Baedi mengatakan, prestasi Indramayu naik dari ranking 18 pada Porda 13 tahun 2018 meningkat menjadi ranking 14 pada Porda 14 tahun 2023 ini.

“Ini kebanggan bagi kita, selain komitmen dalam pembangunan sarana dan prasarana olahraga di desa-desa, Bupati Indramayu juga komitmen dalam peningkatan prestasi,” katanya.

Sesuai menerima penghargaan, Bupati Indramayu Nina Agustina berharap, bidang olahraga yang menjadi program perioritas Pemkab Indramayu diharapkan menjadi bidang yang dapat mengangkat prestasi Kabupaten Indramayu di kancah nasional dan internasional.

Melalui prestasi olahraga, Indramayu Bermartabat Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, makmur, dan hebat dapat diwujudkan. (Aa Deni/Diskominfo)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top