Bupati Nina Agustina Hadiri Pelantikan PETANESIA Jawa Barat Periode 2021-2026

DISKOMINFO INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar menghadiri Pelantikan dan Pembacaan Ikrar Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2026.

Proses pelantikan dilakukan Wakil Ketua Dewan Fatwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Petanesia Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. terhadap ketua dan pengurus DPW Petanesia Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2026 dan disaksikan langsung Bupati Indramayu Nina Agustina, Anggota DPR RI Dedi Wahidi, pengurus Petanesia Indramayu dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Indramayu dan tamu undangan lainnya, di Kampus Hijau STKIP NU Kaplongan Indramayu, Selasa (1/2/2022).

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, bahwa Indonesia adalah negara besar yang penuh dengan keberagaman baik itu kebudayaannya maupun masyarakatnya. Keberagaman ini kata Bupati Nina, kemudian akan menjadi kekuatan besar bilamana dibalut dengan rasa persatuan. Namun di sisi lain jika keberagamaan ini tidak dikuatkan dengan tekad bersama maka akan bercerai-berai yang akan menjadi masalah demi masalah.

Menurutnya, kemerdekaan merupakan hasil jerih payah dari para pendahulu. Perjuangan pahlawan Indonesia kala itu ketika merebut kemerdekaan yang hanya berbekal bambu runcing, jika tidak diperkuat oleh rasa persatuan dan kesatuan, maka kemerdekaan kita tidak pernah menjadi nyata.

“Kebhinekaan adalah nilai-nilai yang sejalan semangat demokrasi yang menghargai dan menghormati keberagaman. Tetapi tetap harus mengutamakan persatuan dan kesatuan. Itulah sebabnya atas dasar komitmen kebangsaan, persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia dapat merdeka,” katanya.

BACA  Bupati Indramayu Sebar 155 Ribu Bibit Cabai, Bahan Edukasi dan Pusat Pangan di Sekolah

Bupati Nina Agustina menjelaskan, seiring dengan perjalanan bangsa Indonesia hingga saat ini telah banyak orang mengusik kedaulatan negara sampai tidak ada habisnya. Keberadaan Petanesia, sebuah organisasi yang digagas oleh ulama besar Indonesia Habib Luthfi bin Yahya menjadi penting untuk menanamkan rasa semangat cinta tanah air demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hadirnya Petanesia menjadi solusi dan kekuatan untuk mengahadapi berbagai ancaman tersebut. Petanesia hadir untuk menumbuhkan kecintaan bangsa Indonesia, memajukan umat yang rukun dan damai serta mendorong kemandirian ekonomi melalui masyarakat mencintai budaya, agama dan tanah air,” jelasnya.

Nina berpesan kepada Anggota DPW Petanesia beserta kader Jawa Barat khususnya di Indramayu agar selalu aktif menyuarakan rasa kebhinekaan dan cinta tanah air serta memantapkan tekad sebagai penjaga kedaulatan NKRI.

Hal senada diutarakan Ketua DPW Petanesia Provinsi Jawa Barat Suhendrik Kurniawan. Untuk membangun kecintaan negeri ini bukan dengan hanya memiliki nilai dan dampak, akan tetapi menjadi sebuah nilai estafet bagaimana kedepannya negeri ini buka hanya berhasil merebut, mengambil, menjaga dan menjalankan kedamaian, akan tetapi dapat mampu mewujudkan keamanan.

“Saya sering mengingatkan kalau kita belum bisa memberikan manfaat kepada negeri ini, maka jangan pernah rusak negeri ini. Cukuplah kita menjaganya kalau kita belum bisa memberikan manfaat untuk negeri ini,” tegasnya. (Oyib/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

BACA  Bulan Ramadhan Tak Lunturkan Semangat Pemcam Balongan Dalam Bertugas
Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top