Gubernur Jawa Barat Resmikan Islamic Center Indramayu | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Senin , 12 November 2018

Gubernur Jawa Barat Resmikan Islamic Center Indramayu

Mahakarya umat muslim di Kabupaten Indramayu yakni Islamic Center Abdul Manan penggunaannya telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) Jum’at malam (01/06/2018) bersamaan dengan peringatan Nuzulul Qur’an yang dihadiri oleh ribuan umat muslim di Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Aher mengungkapkan, Islamic Center Abdul Manan Indramayu bukan hanya kebanggan warga Kabupaten Indramayu tapi juga telah jadi kebanggan warga Jawa Barat.

Disaat menjelang berakhirnya masa jabatan dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat, Aher sangat bangga karena bisa meresmikan bangunan yang menjadi salah satu kemajuan peradaban islam di Kabupaten Indramayu dan Jawa Barat.

Aher menambahkan, ada tugas penting bagi seluruh masyarakat Indramayu dengan berdirinya Islamic Center tersebut yakni menjadikan Islamic Center sebagai pusat kegiatan islam dan memakmurkan masjidnya agar tetap penuh dengan melaksanakan sholat berjamaah setiap waktu di masjid tersebut.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, Islamic Center Abdul Manan ini merupakaan dambaan masyarakat Indramayu karena sejak awal pendiriannya telah dicanangkan tujuan mulia yakni meningkatnya keimanan masyarakat dan diharapkan dapat menjadi roh bagi perkembangan syiar islam di Kabupaten Indramayu.

“Selain itu dari Islamic Center Abdul Manan ini akan dilahirkan para pemikir serta cendikiawan muslim yang handal, lahir intelektual muda islam yang unggul yang mampu merespon setiap perubahan jaman. Tempat ini bukan hanya sebagai pusat pengembangan islam, namun bisa dijadikan sebagai wisata religi, saya harapkan pengelola benar-benar baik dan profesional,” tegas Anna.

Anna menambahkan, pembangunan Islamic Center Abdul Manan tersebut mulai dilaksanan sejak tahun 2015 sampai dengan 2018 dengan menelan biaya sebesar Rp.122 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu sebesar Rp.74 miliar dan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp.48 miliar.

“Bangunan ini belum 100 persen selesai, masih ada beberapa bangunan yang akan dilanjutkan pekerjaannya seperti aula, musiuem, dan perpustakaan. Tapi karena antusias masyarakat dan masa jabatan gubernur akan berakhir maka kami ingin diresmikan malam ini,” katanya.

Pada malam peresmian tersebut ribuan masyarakat sangat antusias dengan mendatangi tempat tersebut sejak pukul 16.00. Mereka melaksanakan buka puasa, sholat maghrib, yang kemudian dilanjutkan dengan sholat isya dan tarawih serta mendengarkan ceramah dari gubernur dan menyaksikan proses peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pemukulan bedug. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)