I-Ceta DLH Indramayu Gercep Atasi Permasalahan Sampah

DISKOMINFO INDRAMAYU – Sepuluh program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang sudah hampir berjalan satu tahun terus mendapatkan respon positif dari masyarakat. Salah satu Program Unggulan itu adalah Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) yang merupakan layanan call center pengaduan masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang melakukan aduan terkait permasalahan yang perlu diatasi sedini mungkin baik melalui Layanan I-Ceta di masing-masing Perangkat Daerah hingga mengadukannya langsung kepada Bupati Indramayu Nina Agustina melalui akun media sosial resminya.

Seperti halnya yang dilakukan warga Indramayu dengan akun @reoardjuna yang mengadukan permasalahan sampah di Tempat Pembuang Sampah Sementara (TPS) BTN Paoman kepada akun media sosial Bupati Indramayu Nina Agustina yang kemudian diteruskan ke Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Indramayu untuk segera mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Akun Instagram @reoardjuna dalam postingannya di kolom komentar Bupati Indramayu Nina Agustina mengeluhkan keberadaan sampah yang cukup lama tidak diangkut oleh petugas kebersihan DLH Indramayu.

“Punten ibu Bupati yang saya banggakan, saya hanya sekedar mau melaporkan masalah pelayanan DLH, karena sudah sangat lama sampah/limbah kayu menjadi permasalahan warga, dikarenakan tidak mau diangkut oleh petugas DLH ke tempat pembuangan akhir sampah. Mohon ditindak lanjuti ibu Bupati, sebelum sampah/limbah kayu tersebut menjadi bukit kemudian gunung. Posisi di TPS/Pelbak Sampah BTN Paoman,” ungkap @reoardjuna.

Menyikapi komentar masyarakat tersebut, Bupati Indramayu Nina segera meneruskannya kepada I-Ceta DLH Indramayu. DLH Kabupaten Indramayu segera menindaklanjuti perintah Bupati Indramayu dengan menerjunkan petugas kebersihan untuk melakukan pengangkutan sampah dan membersihkan TPS di BTN Paoman.

Setelah selesai melakukan pengangkutan sampah dan pembersihan TPS, tim i-Ceta melaporkan hasilnya kepada Bupati Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina kemudian membuat postingan barunya, bahwa permasalahan sampah yang terjadi di TPS BTN Paoman Indramayu sudah selesai ditangani oleh petugas kebersihan.

“Sampah di TPS BTN Paoman saat ini sudah diangkut dan sudah dibersihkan oleh petugas DLH Indramayu,” tulis Bupati di akun media sosialnya.

Orang nomor satu Indramayu itu mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan sebaik mungkin dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Untuk mengurangi penumpukan sampah mari kita mulai hal-hal kecil seperti memilah sampah yang bisa didaur ulang, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik atau kemasan sekali pakai, dan juga cara-cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah,” ajak Bupati. (Oyib/MTQ–Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Scroll to Top