Pemilu Makin Dekat, KPU Gelar Bimtek KPPS dan ToT - Website Kabupaten Indramayu

Pemilu Makin Dekat, KPU Gelar Bimtek KPPS dan ToT

DISKOMINFO INDRAMAYU – Mendekati Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu mengadakan Bimbingan Teknis Terpadu Persiapan Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Training of Trainer (ToT) Fasilitator PPK dan PPS pada bimbingan KPPS untuk pemilu Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, bertempat di Embarkasi Haji Kecamatan Lohbener – Indramayu, Selasa (23/1/2024).

Ketua KPU Indramayu, Masykur menjelaskan, bimbingan teknis terpadu dan ToT terhadap PPS dan PPK pada Bimbingan KPPS dilakukan untuk membina para panitia yang betugas pada saat pemilu 14 Februari 2024 nanti, harapannya tercipta penyelenggaraan Pemilu yang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Pemilu tinggal menghitung hari, 21 hari lagi. Saya berpesan kepada semua untuk menjaga kesehatan, kesiapan mental dan fisik untuk menjadi abdi dan pelayan negara. Karena kita akan melayani 1,3 juta pemilih,” kata Masykur.

Masykur menambahkan, saat ini sebanyak 37.212 peserta akan dilantik dan dibimbing untuk KPPS di masing-masing desa di seluruh Kabupaten Indramayu. Pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2024 dilantik oleh PPS. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 26-28 Januari 2024 dilaksanakan Bimbingan Teknis untuk seluruh KPPS Kabupaten Indramayu.

“Harapannya untuk semua panitia paham betul tupoksi pada saat hari H. Pahami pola kerja yang baik, dan diharapkan pula PPS melatih seluruh KPPS untuk bekerja dengan baik. Agar tahu betul fungsi rekan KPPS sesuai jobdesknya masing-masing. KPPS dibimbing oleh PPS dan PPK,” katanya.

BACA  Melalui Bersuling, Camat Bangodua: “Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Mari Giatkan Ibadah”

Pembukaan acara Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh Bupati Indramayu Nina Agustina, Sekda Indramayu Ir. Aep Surahman, Ketua KPU Indramayu Mahsyur, M.Pd., Ketua Bawaslu Ahmad Tabroni, Camat beserta jajarannya, serta PPK dan PPS seluruh Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina menyampaikan, pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Indramayu diharapkan berjalan kondusif. Perbedaan pilihan dan sebagainya merupaka sesuatu hal yang wajar.

Pemerintah Kabupaten Indramayu merupakan fasilitator dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini terutama terkait pendanaan untuk mengadakan Pemilu serentak. Saat ini sebanyak 1.373.776 pemilih tetap telah ditetapkan di Kabupaten Indramayu yang tersebar di 5.316 TPS di 317 desa dari 31 Kecamatan di Kabupaten Indramayu.

“Pemilu serentak kali ini menjadi momentum dan pemersatu masyarakat. Masyarakat diharapkan menggunakan hak pilh mereka sesuai dengan yang diyakininya. Perbedaan tidak boleh memisahkan, maka dalam penyelenggaraan Pemilu kali ini, harus ada aturan yang jelas, memiliki integritas dan tidak memihak pada salah satu kontestan,” tegas Nina.

Nina berharap, Bimbingan Teknis ini juga diharapkan menjadi pendalaman dan pemahaman seluruh panitia baik dari KPU Kabupaten hingga tingkat TPS dalam pemungutan dan rekapitulasi perhitungan suara. Prioritas Pelayanan yang mengedepankan masyarakat, terutama harus adil dan jujur.

“Pemilu kali ini luar biasa, untuk Kabupaten Indramayu, diharapkan jangan tergiur, jangan melanggar zonasi, awasi bersama. Jaga marwah Pemilu serentak, semuanya untuk Indramayu menjadi lebih baik lagi,” tambah Nina. (Diskominfo Indramayu)

BACA  6 Fraksi Sampaikan Pemandangan Umum Atas Nota Penjelasan Bupati Indramayu Terhadap Laporan Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021

Penulis : Roro Wilis
Editor : Aa Deni

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top