Tim Kesehatan Hewan DKPP Awasi Pemotongan Hewan Jelang Idul Fitri - Website Kabupaten Indramayu

Tim Kesehatan Hewan DKPP Awasi Pemotongan Hewan Jelang Idul Fitri

DISKOMINFO INDRAMAYU — Kepala Bidang Kesehatan Hewan & Kesehatan Masyarakat Veteriner beserta Tim Dokter Hewan & Paramedik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu meluncurkan operasi monitoring yang bertujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap prosedur pemotongan hewan dan unggas di wilayah Kecamatan Haurgeulis, Selasa (02/04/2024).

Monitoring dilakukan secara cermat dan sistematis, mengacu pada prinsip-prinsip halal yang dijunjung tinggi dalam proses pemotongan hewan.

Setiap tahapan prosedur diperhatikan dengan seksama, mulai dari persiapan hingga penyelesaian proses pemotongan.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan & Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Dian Daju, monitoring tersebut bertujuan untuk melihat kondisi kesehatan hewan milik peternak, serta melakukan sosialisasi tentang penyakit yang mungkin akan terjadi serta cara penanggulangannya.

“Monitoring dilakukan dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa setiap prosedur dijalankan dengan akurat dan sesuai dengan prinsip-prinsip halal, sehingga dapat menjaga kualitas dan kepatuhan produk yang dihasilkan,” ujarnya.

Dalam pernyataannya, Dian Daju menegaskan bahwa tim yang terlibat dalam operasi monitoring ini memiliki komitmen yang kuat untuk memastikan kesejahteraan hewan dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip halal.

Tim Dokter Hewan & Paramedik DKPP dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi pelanggaran atau ketidaksesuaian terhadap prosedur pemotongan yang telah ditetapkan.

Proses monitoring tersebut tidak hanya mencakup pengamatan terhadap proses pemotongan secara langsung, tetapi juga meliputi pemeriksaan terhadap fasilitas dan peralatan yang digunakan dalam proses tersebut.

BACA  Tingkatkan Peran Kehumasan, Diskominfo Jabar Gelar IKP Talks

Selain itu, tim juga berkoordinasi dengan pihak terkait di Kecamatan Haurgeulis untuk memastikan bahwa standar keselamatan dan keamanan juga terpenuhi selama operasi pemotongan berlangsung.

Pihak terkait di Kecamatan Haurgeulis menyambut baik inisiatif monitoring ini dan menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dalam menjaga kepatuhan terhadap aturan dan prinsip-prinsip halal dalam industri pemotongan hewan.

Dengan adanya operasi monitoring ini Dian Daju berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin bagi konsumen.

“Melalui operasi monitoring ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin bagi konsumen, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemotongan hewan di wilayah Kecamatan Haurgeulis,” harapnya.

Tim Kesehatan Hewan dan DKPP terus memantau dan mengawasi proses pemotongan hewan di Kecamatan Haurgeulis, serta berkomitmen terhadap kesejahteraan hewan dan kepatuhan terhadap standar kesehatan yang ketat. (Diskominfo Indramayu)

Penulis : Lulu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top