Ajak Pemuda Pelopor Laskar Pembangunan Daerah | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 12 Desember 2018

Ajak Pemuda Pelopor Laskar Pembangunan Daerah

Bhakti Pemuda ke-10 tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2018 resmi dimulai, Rabu (21/11/2018). Asisten Pemerintahan Jajang Sudrajat membuka kegiatan bertempat di Desa Cipancuh, Kecamatan Haurgeulis tersebut.

Didampingi sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida), para kepala OPD, Muspika Haurgeulis, Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu, Yoga Rahadiansyah serta ketua panitia, Omarsyah, acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta.

Dilanjut penyerahan bibit tanaman, santunan anak yatim dan duafa, bantuan bedah rumah, alat olahraga, operasional bagi PK KNPI serta OKP dan penyerahan kepada peraih penghargaan pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Barat.

Jajang Sudrajat dalam sambutannya mengingatkan begitu besar peran pemuda saat itu bagi perjuangan kemerdekaan RI agar terbebas dari belenggu penjajah. Demikian pula ketika masa-masa mempertahankan kemerdekaan.

Semangat pantang menyerah dan memiliki jiwa patriot mereka patut ditiru oleh para pemuda dimasa kini. “Warisi semangat juang para pemuda dimasa lalu itu dengan menjadi pelopor laskar pembangunan daerah. Yang kalin usir adalah kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan. Keberlangsungan pembangunan bangsa ini ada pada pundak kalian. Dan pada diri kalian pula tanggungjawab mengawal NKRI agar tetap utuh,” pinta dia.

Pihaknya menyambut baik event Bhakti Pemuda ke-10 Kabupaten Indramayu yang menjadi wadah berkumpulnya pemuda-pemudi terbaik Bumi Wiralodra untuk memberikan sumbangsih bagi daerahnya. Baik melalui kegiatan bakti sosial, pelatihan keterampilan, aksi kemanusiaan dan sebagainya.

Namun dia mengingatkan, agar panitia Bhakti Pemuda ke-10 lebih mengutamakan kegiatan skala prioritas sesuai kebutuhan masyarakat. “Setelah kegiatan ini lakukan evaluasi. Buat laporang kegiatan apa saja yang sudah dan belum bisa dilaksanakan,” jelas Jajang.

Sebelumnya, Ketua Panitia Omarsyah menyebutkan sebanyak 540 peserta ambil bagian dalam event Bhakti Pemuda ke-10 yang dipusatkan di Desa Cipancuh, Kecamatan Haurgeulis.

Peserta adalah seluruh komponen kepemudaan yang berasal dari 31 kecamatan yaitu anggota Karang Taruna serta OKP yang tergabung dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu.

Berlangsung sampai dengan Kamis ini (22/11/2018), Bhakti Pemuda diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi bakti, sosial, dan pelatihan. Bakti sosial meliputi kegiatan kebersihan lingkungan, penanaman pohon, kebersihan musala dan vandalisme. Kemudian cek kesehatan gratis, donor darah, sampai santunan anak yatim.

Kegiatan lainnya yaitu pelatihan kewirausahaan diantaranya usaha ternak, pelatihan tanggap bencana serta pengurusan jenazah. “Melalui event Bhakti Pemuda ini menjadi wadah menjalin persatuan komponen pemuda, mewujudkan visi misi kepemudaan dalam meneguhkan semangat membangun daerah,” tegasnya. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)