Bupati Indramayu Minta KNPI Proaktif dan Terjun Bermasyarakat – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 16 Oktober 2019

Bupati Indramayu Minta KNPI Proaktif dan Terjun Bermasyarakat

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bupati Indramayu H. Supendi membuka langsung kegiatan Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-XIII Pemuda/Komite Nasional Indonesia (KNPI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat di Hotel Handayani Indramayu, Selasa (17/9/2019).

Bupati H. Supendi menjelaskan, Pemuda sebagai salah satu elemen bangsa harus waspada terhadap kebebasan dan keterbukaan yang dapat menjadi bumerang bagi semuanya. Peran organisasi kepemudaan dapat menjawab dan memelihara pluralitas, kebebasan, keterbukaan dan perbedaan menjadi pemicu untuk berfikir positif. Sehingga mengerucut dan membentuk suatu kesatuan guna mewujudkan cita-cita bangsa dan daerah khususnya.

Dalam kesempatan itu ia berharap, hasil kegiatan MUSDA KNPI Kabupaten Indramayu untuk dapat merumuskan peran pemuda di masyarakat Indramayu yang sedang dan akan terus membangun kebersamaan mencari suatu pandangan kedepan dengan berbagai program yang konkrit dan relevan.

“Hasil musyawarah KNPI Kabupaten Indramayu diharapkan memiliki gagasan dan program. Untuk kemudian dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat secara nyata,” katanya.

Dengan momentum pemilihan Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu. Tentunya harus menjadi perhatian serius, karena KNPI sebagai organisasi pemuda terbesar perlu adanya pemimpin yang karismatik dan demokrasi serta siap menerima kritik dan saran membangun dari berbagai belah pihak.

“Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu terpilih nantinya juga diharapkan manjalankan tugas penuh tanggung jawab. Serta mau menerima saran dan kritik yang membangun. Selain itu harus mampu menjadi pemimpin yang paripurna yakni, pemimpin baru sebagai generasi penerus KNPI masa yang akan datang,” jelasnya

Bupati Supendi berpesan, Pemuda KNPI Kabupaten Indramayu khusunya agar bersinergi dan harus memberikan kontribusi yang nyata pada Pemerintah Daerah Indramayu. Selain itu, Ketua KNPI Kabupaten Indramayu terpilih dapat mengkoordinasikan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk kepentingan bersama dalam konteks pembinaan generasi muda bukan hanya kepentingan pribadi. Melainkan agar mampu mengisi ruang-ruang kosong dalam pembangunan di Indramayu.

Sementara itu Ketua Terpilih DPD KNPI Kabupaten Indramayu Periode 2019-2022 Yoga Rahadiansah mengatakan, kegiatan MUSDA ke-XIII Pemuda/KNPI Kabupaten Indramayu merupakan aturan konsitusional yang rutin dilaksanakan setiap periode, dan juga memiliki makna bahwa segala gagasan dan program suatu daerah dimana diikutseratkannya peran pemuda adalah dibahas tepatnya dalam forum ini.

“MUSDA ke-XIII telah diatur dalam aturan konsitusional yang dilaksanakan setiap periodik. Sebenarnya juga memiliki makna yang luar biasa yakni, membahas gagasan dan program pembangunan suatu daerah telah ditumpahkan dalam forum tertinggi ini. Karena forum ini bertemunya OKP-OKP pemuda tingkat Kabupaten Indramayu,” ungkap Yoga.

Untuk itu melalui MUSDA ke-XIII Pemuda/KNPI Kabupaten Indramayu ini dapat terbentuknya pondasi yang baik dalam menjalankan eksistensi organisasi kepemudaan di Kabupaten Indramayu. Sehingga kata dia, unsur OKP dapat memberikan pemikiran yang lebih berpartisipasi membangun dan menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Indramayu.

“Berharap sekali melalui MUSDA ini para unsur OKP dapat menyumbangkan gagasan dan tenaga serta pemikirannya dalam membangun bersama-sama dalam kebijakan dan pembagunan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Jangan sampai hanya bersifat seremonial belaka,” ujarnya. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)