Tenun Gedogan Indramayu Terus Di-booming-kan Kembali

DISKOMINFO INDRAMAYU — Guna memaksimalkan perekonomian masyarakat Indramayu yang lebih baik melalui kreativitas adat dan kebudayaan masyarakat, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga (Dispara) Kabupaten Indramayu kembali mem-booming-kan Tenun Gedogan Indramayu.

Dikatakan Kepala Dispara Kabupaten Indramayu Tri Nani R, Tenun Gedogan Indramayu akan menjadi daya tarik untuk pariwisata dan berdampak pada perekomonian masyarakat lokal salah satu caranya dengan dilakukannya pelatihan Tenun Gedogan untuk masyrakat lokal.

“Kami mengadakan pelatihan revitalisasi tenun gedogan yang dilaksanakan di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu pada 14 Juni itu digunakan untuk teori dan 15 Juni 2022 digunakan untuk praktikumnya,” katanya kedapa Diskominfo Indramayu, (15/6/2022).

Dalam pelatihan yang dilangsungkan selama 2 hari itu menghadirkan narasumber Kepala Bagian Perekonomian Setda Indramayu Iing Kuswara, Kepala Bidang Industri Diskopdagin Indramayu Komaryadi, Tutor Tenun Gedogan Sunerih, Camat Juntinyuat Asep Kusdianti, Kepala Desa Juntikebon dan Staf Bupati Indramayu UMKM Ato Susanto dengan peserta dari masyarakat Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Ditegaskan Kepala Dispara Kabupaten Indramayu Tri Nani R, pelatihan revitalisasi tenun gedogan Indramayu bertujuan menghidupkan dan menumbuhkan kembali tradisi dan budaya khas Indramayu pada khususnya Tenun Gedogan agar buming kembali sebagai nilai budaya kita semakin tinggi dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

“Makanya kami menggiring masyarakat Desa Juntikebon untuk belajar, karena disamping terampil menekuni tenun gedogan juga akan menumbuhkan dan membuka taraf hidup masyarakat lebih baik,” tegasnya.

BACA  Bupati Indramayu Nina Agustina Buka Pelatihan Kapasitas Kuwu

Sementara itu Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispara Indramayu mengatakan, dengan pelatihan tenun gedogan Indramayu dapat mengangkat seni dan budaya Kabupaten Indramayu di mata dunia khususnya di Indonesia.

“Tenun gedogan asli milik Indramayu yang mempunyai ciri khas tersendiri dan identitas. Maka dari itu untuk menghidupkan kembali tenun gedogan kita mengadakan pelatihan dan antusias sekali masyarakat setempat dan kami meminta PKK Desa untuk menggerakkan kembali pelatihan tenun gedogan,” katanya. (MT/MTQ—Tim Publikasi Diskominfo Indramayu)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Scroll to Top