Cari Mangga Terbaik Melalui Mangga Contest 2019 – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Rabu , 16 Oktober 2019

Cari Mangga Terbaik Melalui Mangga Contest 2019

DISKOMINFO INDRMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu terus menggalakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-492 Kabupaten Indramayu.

Salah satunya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu yang mengajak masyarakatnya andil dalam perlombaan Mangga Contest 2019 yang akan dilaksanakan pada 5 Oktober 2019 di Kantor Dinas Pertanian Indramayu.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Indramayu, Takmid mengatakan, buah mangga menjadi icon Kabupaten Indramayu sehingga pada Contest Mangga 2019 perlu masyarakat Indramayu untuk mengikutinya.

“Masyarakat Indramayu harus mengikuti Lomba Mangga Contest 2019,” katanya saat dikonfirmasi, Jum’at (4/10/2019).

Dijelaskan Kadis Petanian Takmid kategori perlombaan Mangga Contest 2019 diantaranya Mangga Gedong Gincu, Mangga Cengkir, Mangga Agrimania, Mangga Gajah, dan Mangga Harum Manis.

Ia menambahkan, penilaian perlombaan Mangga Contest 2019 akan dilihat dari segi bentuk mangga, warna mangga, berat mangga, rasa dan aroma buah mangga serta kemasan yang menarik.

“Silakan nantinya bagi peserta lomba Mangga Contest 2019 masyarakat bisa memberikan penampilan mangga yang sesuai kriteria penilaian perlombaan dan tentunya harus menarik,” paparnya.

Selanjutnya peserta diwajibkan mencantumkan identitas pemilik buah mangga lengkap dengan kontak person dan dokumentasikan profil pohon mangga sekaligus produktivitas buah mangga pertahunnya. Kemudian pengumuman lomba Contest Mangga 2019 akan diumumkan pada 7 Oktober 2019.

Menurutnya, sebagai daerah yang dijuluki Kota Mangga, kini Kabupaten Indramayu membuktikan sekor unggulan bukan hanya pertanian dan kelautan melainkan menjadi daerah penghasil buah mangga terbesar ke-2 se-Provinsi Jawa Barat dan ke-3 se-Indonesia.

“Kami membuktikan Indramayu memang adalah Kota Mangga karena kita daerah terbesar sebagai penghasil buah mangga se-Indonesia. Melihat data tahun ini hasil buah mangga kita mencapai 774.729,77 Kwintal/Tahun,” pungkasnya. (M.Toyib/Aa Deni/Diskominfo Indrmayu)