Kinan dan Sofyan Tersenyum Bahagia Terima Kursi Roda | INDRAMAYUKAB.GO.ID
Senin , 20 Mei 2019

Kinan dan Sofyan Tersenyum Bahagia Terima Kursi Roda

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bagi Kiran (8) Warga Desa Sindang yang mengalami Difabel kelumpuhan selama ini hanya bisa terbaring di tempat tidur. Kalaupun akan keluar rumah harus dibantu oleh orang sekitarnya terutama ibu yang setia mendampinginya. Namun kini Kiran dapat tersenyum bahagia karena mendapatkan bantuan kursi roda dari Bupati Indramayu H. Supendi untuk dipergunakan sehari-hari dalam menopang kehidupannya.

Selain Kiran, yang juga tersenyum bahagia adalah Sofyan (19) warga Desa Ramabatan Wetan yang mengalami difabel karena hanya mempunyai satu kaki. Selama ini dirinya dibantu dengan alat tongkat, namun setelah menerima kaki palsu dirinya semakin percaya diri dan optimis menatap masa depan kehidupanya.

Baik Kiran dan Sofyan serta 35 orang penyandang disabilitas lainnya di Kabupaten Indramayu, pagi itu Jum’at (17/05/2019) tersenyum bahagia karena mendaptkan bantuan kursi roda dan juga kaki palsu dari pengurus Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) dan (National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Indramayu yang diserahkan langsung Bupati Indramayu H. Supendi di ruang dalam Pendopo Indramayu.

Ketua NPCI Kabupaten Indramayu, Suprayitno mengatakan, untuk tahun 2019 ini pihaknya bersama dengan Pemkab Indramayu baru bisa memberikan 35 kursi roda dan 2 kaki palsu bagi para penyadang disabilitas. Selanjutnya, secara bertahap para disabilitas di Indramayu yang mencapai 1.251 orang akan dilakukan alat bantu untuk membantu anggota tubuhnya supaya bisa lebih produktif.

Suprayitno menambahkan, para disabilitas yang mendapatkan bantuan tersebut berasal dari berbagai kecamatan dan mereka berasal dari latar belakang yang berbeda mulai dari anak-anak hingga atlet yang telah professional. Dan para disabilitas ini berharap akses mereka terhadap fasilitas umum untuk semakin diperhatikan karena saat ini sarana yang ada masih belum maksimal.

Sementara itu Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan, bantuan sarana alat pendukung ini harus terus dilakukan untuk menciptakan para disabilitas lebih berdaya dalam hidupnya. Bahkan, Pemkab Indramayu telah membuka kesempatan bagi para disabilitas untuk masuk ke dalam pemerintahan dalam rekruitmen CPNS tahun 2018 lalu.

Selanjutnya, Supendi berharap, agar menciptakan disabilitas lebih berdaya dan produktif pihaknya meminta kepada pengurus PPDI dan NPCI agar membuat format pemberdayaan yang tepat yang disesuaikan dengan keadaan disabilitas di Kabupaten Indramayu.

“Bantuan kursi roda ini semoga membuat mereka lebih berdaya, dan saya minta pengurus PPDI dan NPCI segera membuat format pola pemberdayaan para disabilitas ini agar merek bisa diberikan usaha yang lebih produktif demi kehidupannya,” tegas Supendi. (Aa DENI/Diskominfo Indramayu)