Sembilan RW Desa Cikedung Lor Diminta Paham Aplikasi Sapa Warga – INDRAMAYUKAB.GO.ID
Kamis , 12 Desember 2019

Sembilan RW Desa Cikedung Lor Diminta Paham Aplikasi Sapa Warga

DISKOMINFO INDRAMAYU – Program Sapa Warga gagasan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kian terlaksana. Sembilan Ketua Rukun Warga (RW) di Desa Cikedung Lor Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu menerima smartphone gratis.

Penyerahan smartphone gratis itu diberikan langsung Pemerintah Desa Cikedung Lor terhadap 9 Ketua RW di Aula Kantor Desa Cikedung Lor Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu, Selasa (12/11/2019).

Kepala Desa Cikedung Lor, Emi Jumiarsih mengatakan, setiap ketua RW penerima program Sapa Warga tidak berhak memiliki dan menjual smartphone gratis. Melainkan hanya pinjam pakai atau bersifat inventaris yang sewaktu hari akan di ambil apabila yang bersangkutan tidak menjadi Ketua RW.

“Karena smartphone gratis ini adalah Program Sapa Warga yang bersumber dari Anggaran Propinsi Jawa Barat. Maka jangan sampai berani untuk di jual karena smartphone gratis ini bisa saja diambil kembali apabila ketua RW berhenti atau ada pembaharuan,” katanya.

Menurutnya, diberikannya smartphone gratis setiap Ketua RW dituntut untuk paham menjalankan Aplikasi Sapa Warga yang berfungsi menyampaikan aspirasi dan memudahkan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya.

Ia menambahkan, untuk membantu mengoperasikan Aplikasi Sapa Warga setiap Ketua RW telah dibuatkan akun dan cara panduan penggunaan melalui Pemdes Cikedung Lor sebagai admin Aplikasi Sapa Warga di tingkat desa.

“Untuk penggunaan nanti akan dipandu oleh admin desa dari pembuatan akun dan cara pengoperasiannya. Kemudian untuk kuota internet awal penggunaan sudah gratis selama satu tahun dan selanjutnya hanya membeli pulsa 10 ribu setiap bulan,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Cikedung, Endhy Yohendi mengharapkan, segala pengetahuan dan kegunaan Aplikasi Sapa Warga bagi Ketua RW di Desa Cikedung Lor dapat di pahami sehingga segala informasi bisa tersampaikan kepada pemerintah.

“Karena mayoritas ketua RW di desa biasanya masih minim pengatahuan teknologi. Maka dengan adanya Aplikasi Sapa Warga ini tentu akan memberikan paham informasi dan terciptanya keterampilan lebih bagi para Ketua RW di Desa Cikedung Lor yang kemudian terhubung dan bisa berinteraksi dengan pemerintah secara langsung,” ujarnya.(M.Toyib/Aa Deni/Diskominfo Indramayu)