Jalankan Dokmaru, Puskesmas Margadadi Datangi 2 Rumah Warga

Dipublikasikan oleh RFM pada

DISKOMINFO INDRAMAYU – Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang tengah sakit dan sangat membutuhkan pertolongan penanganan kesehatan.

Seperti yang dilakukan Puskesmas Margadadi bersama dengan Kecamatan Indramayu. Setelah menerima laporan dari PSC 119, pihaknya langsung mengirimkan dokter bersama perawat dan ambulance untuk menuju ke lokasi kediaman pasien dan memberikan pertolongan.

Senin, (22/3/2021) Tim Dokmaru Puskesmas Margadadi menerima laporan dari masyarakat melalui PSC 119 bahwa Tn. IS (38 tahun) warga Jl. Kapten Arya Gg. 25 Kelurahan Karangmalang tengah menderita sakit dengan kondisi pasien sudah 8 tahun mengalami kelumpuhan, lemah, tidak dapat berjalan, dan ada riwayat beberapa keluarga mengalami gejala yang sama.

Sampai di kediaman pasien, Tim Dokmaru yang dipimpin dokter Yusuf, langsung memeriksa kondisi pasien. Setelah melihat kondisinya, tim menyarankan untuk dilakukan rujukan ke RSUD Indramayu. Namun pihak keluarga masih mempertimbangkanya, mengingat pasien hidup sendiri dan dirawat oleh saudaranya.

“Hasil pemeriksaan dokter pasien harus dirujuk ke RSUD, namun pihak keluarga masih mempertimbangkanya. Kami sudah siap untuk merujuknya,” kata Kepala Puskesmas Margadadi Tarmudi kepada Diskominfo Indramayu, Senin (22/3/2021).

Sebelumnya, Tim Dokmaru Puskesmas Margadadi juga telah melakukan rujukan ke IGD RSUD Indramayu terhadap pasien Ny. W (64 tahun) warga Jl. Jenderal Ahmad Yani Gg. 5 Kelurahan Lemahmekar.

Tarmudi mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi pasien lemah dan tidak dapat berjalan. Melihat kondisi demikian tim Dokmaru langsung mengantar pasien dengan ambulance Puskesmas Margadadi ke IGD RSUD Indramayu

Sementara itu Camat Indramayu, Asep Kusdianti, mengatakan, pihaknya bersama tim kesehatan beberapa puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Indramayu siap siaga dan cepat tanggap terhadap program Dokmaru ini.

Bahkan monitoring terhadap kesiapan puskesmas terhadap pelaksanaanya terus dilakukan. Bukan hanya monitoring terhadap sarana kesehatannya, monitoring terhadap kondisi kesehatan warganya juga terus dipantau.

“Kami memang tidak mungkin untuk monitoring warga secara keseluruhan, namun dengan adanga call center PSC 119 ini silahkan warga memanfaatkanya jika ada warga yang sangat membutuhkan terutama dalam kondisi membutuhkan penanganan kesehatan,” tegas Asep. (Aa Deni/Dedy-Diskomimfo Indramayu)